Aplikasi Desktop atau Web Based ?


Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya kita memahami perbedaan antara 2 jenis aplikasi ini.

Aplikasi desktop adalah aplikasi yang berjalan/diinstal di satu atau beberapa komputer yang dihubungkan dengan jaringan LAN secara independen dan tidak memerlukan browser & koneksi internet. Sedangkan aplikasi web based adalah aplikasi yang dibuat berbasis web yang membutuhkan web server, browser dan koneksi internet untuk menjalankannya.

Secara sederhananya seperti ini :

Aplikasi Desktop; aplikasi terinstal di komputer masing-masing yang ingin menjalankannya. Sementara database tersimpan di komputer server yang khusus disediakan hanya untuk penyimpanan data yang nantinya database tersebut diakses/digunakan oleh beberapa user. Bagi perusahaan yang menggunakan aplikasi maksimal 3 user, database bisa disimpan disalah satu komputer user yang memiliki spesifikasi yang bagus. Rekomendasi minimum spesifikasi komputer; Pentium Core i3 atau Core i5, memori 4 Gb, hard disk 500 Gb dengan system operating windows 7/10.
Namun jika perusahaan menggunakan lebih dari 3 user, sebaiknya menggunakan komputer server dengan rekomendasi; Pentium Xeon , memori 4 Gb, hard disk 500 Gb dengan system operating windows 7/10/Server 2008

Aplikasi Web Based; Aplikasi tidak perlu diinstal dimasing-masing komputer. Hanya perlu menjalankan browser seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozila Firefox dll. Sementara database tersimpan di server khusus yang memiliki spesifikasi tinggi serta koneksi internet yang bagus & stabil. Mengapa demikian, supaya kegiatan aktivitas input transaksi berjalan lancar tidak ada gangguan berarti. Aplikasi web based sangat tergantung dari koneksi internet, jika koneksi terputus otomatis aktivitas tidak dapat berjalan.

Apa saja keunggulan & kekurangan dari kedua jenis aplikasi ini ?

1. Kemudahan Akses
Aplikasi web based diakses menggunakan browser, dimana semua System Operasi pasti memiliki browser. Pengguna yang memiliki mobilitas yang tinggi cukup menggunakan handphone/tablet yang terkoneksi internet. Inilah yang tidak bisa dilakukan oleh aplikasi desktop.

2. Kemudahan Maintenance / Perawatan
Desktop membutuhkan instalasi dan upgrade system pada setiap komputer user sementara web based hanya membutuhkan upgrade pada komputer Server. Otomatis biaya perawatan aplikasi web based menjadi lebih ringan.

3. Kebutuhan Perangkat Komputer
Spesifikasi kebutuhan hardware untuk web based sangat rendah untuk komputer user. Karena semua proses bergantung pada Server, maka dapat dikatakan beban pada komputer user hampir tidak ada. Hanya dibutuhkan penyediaan komputer Server dengan spesifikasi yang bagus.

4. Tingkat Keamanan
Mengamankan proses pengiriman data pada aplikasi desktop lebih mudah daripada aplikasi web based. Karena aplikasi web based langsung terhubung pada “dunia maya”, selalu ada resiko keamanan menyangkut proses online seperti virus, malware dll

5. Kecepatan dan Stabilitas Koneksi
Aplikasi web based sangat bergantung pada koneksi internet, apalagi bila ada masalah-masalah koneksi, misalnya “Denial of Service”, “Bandwith Limit Exceeded”, dll. Sementara aplikasi Desktop yang dibangun pada server mandiri tentu hanya melibatkan koneksi intranet/jaringan LAN.

6. Kemudahan Penggunaan
Aplikasi desktop lebih memanjakan user dari segi penggunaan. Dengan jumlah komponen yang jauh lebih banyak dan bervariasi dibandingkan aplikasi web based.

7. Segi Harga Aplikasi
Aplikasi desktop biasanya dijual putus, artinya Anda membeli lisensi untuk digunakan selamanya. Sementara aplikasi web based, umumnya Anda harus membayar secara bulanan atau tahunan.

Sebagai bahan pertimbangan lain untuk Anda dalam memilih diantara kedua jenis aplikasi ini adalah :

  1. Jika aplikasi yang akan digunakan berkenaan dengan data keuangan perusahaan sementara Anda tidak memiliki staff ahli dalam perawatan web based dan koneksi internet (jika database tersimpan di komputer milik perusahaan) atau Anda belum terlalu yakin ‘menitipkan’ database di server penyedia layanan, ada baiknya gunakan aplikasi desktop
  2. Data keuangan pastinya sangat dibutuhkan untuk diselesaikan secara cepat & tepat agar laporan keuangan dan laporan pendukung lainnya bisa segera dihasilkan. Bagaimana Anda dapat mengelola perusahaan jika laporan keuangan per bulan disajikan selalu terlambat.

Sekarang pilihan ada ditangan Anda. Bijaklah dalam memilih jenis aplikasi mana yang akan diimplementasikan di perusahaan Anda. Jangan sampai memaksakan untuk menggunakan aplikasi web based namun koneksi internetnya lambat dan tidak memiliki staff khusus yang memahami perawatannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *