Cara Melakukan Rekonsiliasi Bank


Laporan mutasi yang Anda lihat pada laporan buku besar bank belum dapat Anda jadikan rujukan informasi saldo dana yang tersimpan di bank sebelum Anda melakukan proses rekonsiliasi bank. Mengapa demikian ? Karena bisa jadi cheque yang Anda keluarkan untuk membayar hutang kepada supplier belum dicairkan atau biaya-biaya yang berkenaan dengan administrasi bank belum Anda bukukan.

Apa gunanya rekonsiliasi bank ? Kegiatan rekonsiliasi bank dilakukan untuk mencocokkan mutasi transaksi antara catatan pembukuan yang Anda lakukan di buku besar perusahaan dengan rekening koran yang biasa kita terima dari pihak bank.

  • Mengetahui waktu pencairan cheque/giro (cheque beredar) yang pernah Anda keluarkan karena saat Anda mengeluarkannya, bisa jadi belum dicairkan oleh si penerima sehingga saldo bank Anda belum berkurang.
  • Mengetahui kapan karyawan Anda melakukan pencairan cheque/giro (setoran dalam perjalanan) yang pernah Anda terima.
  • Mencatat rutinitas biaya-biaya administrasi bank seperti; biaya buku cheque, biaya administrasi, biaya bunga dan biaya pajak jasa giro yang belum sempat dicatat pada buku besar perusahaan.
  • Mencocokkan uang masuk dari pendapatan yang Anda terima. Bisa jadi Anda sudah mencatat uang masuk tersebut kedalam pencatatan sebagai penambah saldo bank namun secara administrasi, transaksi tersebut belum dicatat oleh pihak bank kedalam rekening koran. Jika hal ini dilakukan akan memunculkan perbedaan tanggal pencatatan antara buku besar perusahaan dengan rekening koran.
  • Mencatat pemotongan saldo bank Anda jika pihak bank melakukan auto debet untuk pembayaran hutang kredit bank

Lalu bagaimana cara melakukan proses rekonsiliasi bank di program BoA ?
Jalankan langkah-langkah berikut :

  1. Jalankan program BoA
  2. Buka data kerja
  3. Klik menu Aktivitas > Kas & Bank > Rekonsiliasi Bank
  4. Isi kolom Kode Rekening Akun dengan nama Bank yang akan direkonsiliasi
  5. Isi kolom Saldo Rekening Koran dengan nilai saldo bank per akhir bulan yang tertera di rekening koran
  6. Lakukan penambahan transaksi melalui opsi Penyesuaian jika terdapat biaya-biaya bank yang belum sempat Anda bukukan. Kolom debet akan menambah saldo bank pada buku besar akun bank sementara kolom kredit akan mengurangi saldo bank. Perhatian: berbeda dengan istilah yang digunakan oleh bank (jika Anda melihat rekening koran) dimana debet artinya mengurangi saldo bank sebaliknya kredit akan menambah saldo bank Anda.
  7. Beri tanda checkmark pada kolom Sesuai apabila transaksi tersebut terdapat di rekening koran
  8. Pastikan kolom Perbedaan (sebelah pojok kanan bawah) sudah bernilai nol (0) untuk memastikan pencatatan Anda kini sudah sesuai dengan rekening koran
  9. Simpan proses rekonsiliasi jika seluruh pencatatan buku besar sudah sesuai dengan rekening koran
  10. Selesai

Setelah proses rekonsiliasi selesai dilakukan, posisi saldo bank Anda ditampilan buku besar perusahaan akan sesuai dengan rekening koran.

Bagaimana ? Cukup mudah bukan ?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *