Cara Melakukan Tutup Buku

Cara Melakukan Tutup Buku

Tutup buku merupakan bagian akhir dari siklus akuntansi pada periode tertentu. Proses tutup buku terdiri dari 2 tahapan. Tutup buku akhir bulan dan tutup buku akhir tahun.
Fungsi tutup buku akhir bulan dan tutup buku akhir tahun adalah sebagai berikut :
 
Tutup buku akhir bulan (dilakukan disetiap akhir bulan);

  • Memindahkan saldo akhir masing-masing akun ril (real account) sebagai pembentuk neraca menjadi saldo awal bulan didepannya. Misalkan; saldo akhir kas kecil bulan april akan menjadi saldo awal kas kecil bulan mei, begitu seterusnya.
  • Berbeda dengan akun ril, saldo akhir masing-masing akun nominal (nominal account) sebagai pembentuk laba rugi akan dialokasikan seluruhnya kedalam satu nama akun yaitu akun Laba Rugi Berjalan (Current Year Earnings) sehingga di bulan depan, tidak ada lagi saldo awal pendapatan dan biaya yang ada hanya saldo awal Laba Rugi Berjalan (Current Year Earnings)

Tutup buku akhir tahun (dilakukan disetiap akhir tahun);

  • Memindahkan saldo akhir masing-masing akun ril (real account) sebagai pembentuk neraca menjadi saldo awal tahun didepannya.
  • Berbeda dengan akun ril, saldo akhir masing-masing akun nominal (nominal account) sebagai pembentuk laba rugi akan dialokasikan seluruhnya kedalam satu nama akun yaitu akun Laba Rugi Ditahan (Retained Year Earnings) sehingga di awal tahun tidak ada lagi saldo awal pendapatan dan biaya, yang ada hanya saldo awal Laba Rugi Ditahan (Retained Year Earnings)

Pada metode pembukuan manual, setiap melakukan tutup buku harus membuat jurnal penutup secara manual. Cara melakukan jurnal penutup adalah sebagai berikut :

Penutupan saldo pendapatan
Ikhtisar Laba Rugi (Debit)
Pendapatan (Kredit)

Penutupan saldo biaya
Biaya (Debit)
Ikhtisar Laba Rugi (Kredit)

Penutupan saldo Ikhtisar Laba Rugi saat tutup buku akhir bulan
Ikhtisar Laba Rugi (Debit)
Laba Tahun Berjalan (Kredit)

Penutupan saldo Ikhtisar Laba Rugi saat tutup buku akhir tahun
Ikhtisar Laba Rugi (Debit)
Laba Tahun Berjalan (Kredit)

Laba Tahun Berjalan (Debit)
Laba Ditahan (Kredit)

Sementara diprogram BoA, proses tutup buku dapat dilakukan secara langsung tanpa membuat jurnal penutup secara manual. Program BoA akan memindahkan saldo akhir menjadi saldo awal dan membuat jurnal penutup secara otomatis pada saat Anda selesai melakukan perintah tutup buku di menu Aktivitas > Akuntansi > Tutup Buku
Bagi Anda yang menggunakan mata uang asing, program BoA juga akan menghitung dan membuat jurnal penyesuaian laba rugi selisih kurs secara otomatis cukup dengan mengisi nilai kurs akhir yang digunakan sebagai perhitungannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *