Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Angkutan


Jasa angkutan banyak digunakan oleh industri manufaktur untuk mengangkut bahan baku yang diperukan atau barang jadi yang dihasilkan. Oleh karena itu, bidang jasa angkutan adalah bagian dari system tranportasi secara totalitas yang berfungsi dalam memberikan kontribusi dalam meningkatkan perokonomian di suatu wilayah.

Perusahaan jasa angkutan barang adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan untuk mengangkut dan mengirim barang dari satu tempat ketempat lain melalui jalur darat dengan mendapatkan balas jasa yang menggunakan kendaraan mobil/truck barang sesuai dengan pelayanan angkutan barang yang disediakan.

Bersumber pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 69 Tahun 1993 tentang Penyelangaraan Angkutan Barang di Jalan, maka jenis yang digunakan jasa angkutan truk adalah jasa angkutan barang umum. Sedangkan dilihat bedasrakan aspek teknis, jenis transportasi yang dipakai untuk jasa angkutan truk dibatasi pada jenis kendaraan truk yang berukuran sedang, termasuk type 6 ban dan bak terbuka (type double), dengan kapasitas tonase ( angkut ) antar 4 ton sampai 12 ton, dan jenis kendaraan truck yang berukuran kecil type pick-up dengan kapasitas tonase (angkut) di bawah 4 ton.

Lalu bagaimana cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa angkutan ? Berikut langkah-langkah membuat laporan keuangan perusahaan jasa angkutan menggunakan Software BoA:

1. Mencatat Biaya-biaya Operasional Truck

2. Mencatat Pendapatan Jasa Angkutan Truck

Laporan Biaya & Pendapatan Jasa Angkut

Untuk menghasilkan laporan pendapatan dan biaya seperti contoh diatas, Anda dapat memanfaatkan fasilitas proyek. Fasilitas proyek digunakan untuk mencatat nomor kendaraan dan nama supir masing-masing. Isi kolom proyek dalam setiap kegiatan input transaksi harian yang berkenaan dengan pendapatan dan biaya-biaya per nomor kendaraan

Bagaimana, sangat mudah bukan ?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *