Catatan Atas Laporan Keuangan


Catatan Atas Laporan Keuangan atau yang biasa disingkat dengan CALK merupakan informasi secara rinci tentang detil yang ada dalam laporan keuangan perusahaan. CALK merupakan penjelasan pada laporan keuangan yang tidak bisa diungkapkan secara rinci asal muasal angka yang ada dalam laporan keuangan tersebut.

CALK dibuat agar laporan keuangan dapat dipahami tidak hanya oleh manajemen entitas pelaporan saja tetapi dapat dipahami juga oleh banyak pihak, . CALK dapat membantu pembaca supaya tidak salah persepsi dalam membaca laporan keuangan tersebut. Sebagai contoh jika terjadi penurunan nilai aset secara drastis, penurunan ini dapat dijelaskan secara rinci faktor penyebabnya di dalam CALK.

Isi dari CALK yang menyajikan informasi tentang penjelasan pos-pos laporan keuangan dalam rangka pengungkapan yang memadai, antara lain:

  1. Menyajikan informasi tentang kebijakan fiskal/keuangan, ekonomi makro, pencapaian target Undang-undang APBN/Perda APBD, berikut kendala dan hambatan yang dihadapi dalam pencapaian target.
  2. Menyajikan ikhtisar pencapaian kinerja keuangan selama tahun pelaporan.
  3. Menyajikan informasi tentang dasar penyusunan laporan keuangan dan kebijakan-kebijakan akuntansi yang dipilih untuk diterapkan atas transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian penting lainnya.
  4. Mengungkapkan informasi yang diharuskan oleh Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan yang belum disajikan dalam lembar muka laporan keuangan.
  5. Mengungkapkan informasi untuk pos-pos aset dan kewajiban yang timbul sehubungan dengan penerapan basis akrual atas pendapatan dan belanja dan rek onsiliasinya dengan penerapan basis kas.
  6. Menyediakan informasi tambahan yang diperlukan untuk penyajian yang wajar, yang tidak disajikan dalam lembar muka laporan keuangan.

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bersama bahwa CALK berperan dalam meningkatkan transparansi laporan keuangan dan penyajian pemahaman yang sesungguhnya dari laporan keuangan itu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *