Definisi & Kegunaan Lot Number


Kami sebagai developer software BoA kembali menghadirkan fasilitas baru untuk dapat mengakomodir aktivitas transaksi harian bagi para penggunanya. Penambahan fasilitas kali ini adalah fasilitas lot number dimana fasilitas ini baru ada di BoA versi 4.

Lot number adalah hal yang sangat penting dalam pengelolaan manajemen persediaan terutama untuk industry yang bergerak di bidang obat-obatan dan makanan. Bahkan FDA (Food and Drug Administration) telah menetapkan penerapan penggunaan lot number dalam pengelolaan persediaan sehubungan dengan standar kualitas dan penelusuran product history di Amerika.

Beberapa perusahaan di luar industry obat-obatan dan makanan mulai menyadari manfaat dari penerapan sistem lot number dalam aktivitas kegiatan bsinisnya sebagai upaya peningkatan kualitas, menyediakan informasi stock yang lebih akurat dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Apa Itu Lot Number ?

Bagi orang – orang produksi, istilah lot number merupakan istilah yang sangat umum digunakan yang memiliki arti yaitu sejumlah quantity barang yang di produksi pada suatu periode tertentu.

Quantity dalam satu lot number, biasanya selalu tetap dari satu waktu ke waktu. Penggunaan istilah lot number tidak terbatas hanya kepada area produksi tertentu saja, namun istilah ini juga dapat digunakan pada area purchasing (pembelian).

Sebagai contoh, setiap pengiriman dari supplier biasanya diberi informasi berupa nomor lot sehingga ketika terjadi masalah kualitas, barang tersebut dapat ditelusuri berdasarkan informasi nomor penerimaan, tanggal penerimaan, nomor purchase order, nomor lot supplier dan lain sebagainya.

Lot Number Pada Acumatica

Dalam Acumatica, lot number memiliki kesamaan dalam fungsinya. Namun walau begitu, kedua hal ini berbeda dalam hal perilaku (behavior). Dalam artikel ini hanya membahas definisi dan kegunaan lot number saja.

Metode pemberian lot number dalam Acumatica disebut dengan Assignment Method dimana hal ini dapat dilakukan saat item diterima (masuk ke gudang) atau pada saat item digunakan (misalkan pada saat item keluar dari gudang untuk dijual atau digunakan untuk proses produksi).

Lot number juga dapat dibuat secara Auto – Generate ataupun secara manual. Pilihan tipe penomorannya pun dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan dimana tipe penomoran yang dapat digunakan.
Contoh format penerapan lot number adalah sebagai berikut :
Auto – Incremental Value
Constant
Day
Month
Month Long
Year
Year Long
Custom Date Format

Fasilitas lot number dapat diaplikasikan bagi pengguna software BoA dengan jenis usaha distributor, seperti distributor semen/pupuk/makanan. Penggunaan fasilitas lot number digunakan untuk mencatat nomor DO pembelian barang dari supplier sehingga pengguna dapat menelusuri nomor DO (lot number) mana saja yang telah dikirim oleh supplier dan telah dijual ke pelanggan. Fasilitas lot number bisa juga digunakan dalam aktivitas transaksi transfer barang antar gudang bagi pengguna yang memiliki gudang/cabang lebih dari satu. Nomor DO (lot number) mana saja yang telah dikirim ke gudang cabang dan nomor DO (lot number) mana saja yang telah dijual oleh cabang dan seterusnya.

Laporan lot number yang disediakan di program BoA antara lain :

  1. Mutasi lot number : mengetahui rincian mutasi (keluar/masuk) masing-masing lot number
  2. Mutasi lot number per gudang : mengetahui rincian mutasi (keluar/masuk) masing-masing lot number pada masing-masing gudang/cabang
  3. Lot number tersedia : mengetahui lot number mana saja yang masih tersedia digudang/cabang

Bagi pengguna software BoA versi 4 edisi Standard dan Edisi Pro yang ingin memanfaatkan fasilitas ini, silahkan mengirimkan permohonan update ke alamat email info@bookofaccounting.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *