Fungsi Grafik Analisa Bisnis


Analisa atau analisis atau Analysis adalah suatu usaha untuk mengamati secara detail sesuatu hal atau benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau penyusunnya untuk di kaji lebih lanjut.

Penyajian analisa bisnis gak melulu berbentuk deretan angka-angka yang (mungkin saja) bagi sebagian manajemen malah bisa membuatnya sakit kepala. Analisa bisnis bisa disajikan dalam bentuk grafik-grafik yang informatif yang pastinya lebih memudahkan manajemen melihat dan menganalisa untuk selanjutnya mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Lebih-lebih jika analisa bisnis dilaporkan pada saat rapat internal perusahaan diruang rapat besar yang dihadiri banyak peserta. Deretan angka-angka yang ditampilkan pada layar infocus bisa saja tidak terlihat oleh mereka yang posisi duduknya jauh dari layar. Dengan menampilkan analisa bisnis berupa grafik, setidaknya naik-turunnya nilai yang ditampilkan dalama grafik dapat langsung terbaca oleh seluruh peserta rapat.

Idealnya, analisa bisnis sangat dibutuhkan oleh seluruh staff dan manajemen perusahaan sebagai gambaran posisi perusahaan mereka. Lalu, siapa saja yang benar-benar membutuhkan analisa bisnis ?

Manager Penjualan; Menganalisa potensial pendapatan di masa depan, produk/jasa apa saja yang mengalami kenaikan/penurunan pendapatan, mengetahui pelanggan terbaik, piutang yang telah terbayar dan belum terbayar. Selain itu, manager juga berkepentingan mengetahui kondisi keuangan dalam usahanya melakukan perubahan strategis dalam kegiatan oprasional, investasi dan pendanaan perusahaan.

Manager Pengadaan/Logistik; Informasi arus barang masuk/keluar sangat dibutuhkan selain untuk menilai apakah aktivitas transaksi harian dilakukan secara efektif dan efisien, informasi ini juga dapat dimanfaatkan oleh manajer untuk mengetahui barang-barang yang telah dipesan ke supplier tetapi belum diantar, barang fast moving dan barang mana saja yang masih tersimpan di gudang.

Manager Keuangan & Akunting; Sebagai salah satu bagian perusahaan yang menjalankan fungsi kontrol terhadap segala kegiatan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan, analisa bisnis dapat dijadikan bahan evaluasi dampak keputusan keuangan terhadap profitibilitas dimasa mendatang maupun resiko apa saja yang kemungkinan ditimbulkan.

Direktur; Analisa bisnis membantu direktur untuk menjalankan fungsinya sebagai penanggungjawab perusahaan serta melindungi kepentingan pemegang saham dengan mengawasi secara hati-hati aktivitas perusahaan.

Auditor; Hasil sebuah audit adalah opini atas kewajaran laporan. Saat terselesaikannya audit, analisis laporan keuangan dapat menjadi alat pengecekan akhir atas kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *