Gaji Bulanan Tidak Cukup ? Jalankan 8 Kiat Berikut

Seringkali kita mendengar keluhan teman atau bahkan kita sendiri pernah mengalami keadaan dimana gaji bulanan yang setiap bulan diterima tidak pernah bisa mencukupi kebutuhan hidup kita. Mungkin sudah saatnya Anda mencari tahu dan mulai menerapkan kiat-kiat agar gaji bulanan ini bisa mencukupi bahkan kita bisa menyisihkan sebagiannya untuk ditabung.

Buatlah anggaran keuangan. Ketika membuat anggaran, Anda perlu meninjau dengan jujur berapa banyak pengeluaran Anda dibanding pendapatan Anda. Hasil perhitungan pengeluaran bulanan dan utang yang dimiliki mungkin membuat Anda sangat terkejut. Jika tujuan utama Anda adalah mengelola pengeluaran bulanan agar kondisi keuangan Anda menjadi stabil, pembuatan anggaran yang realistis merupakan langkah pertama yang penting.

Kurangi biaya tranportasi. Memiliki mobil pribadi adalah salah satu impian kebanyak keluarga. Namun apakah Anda sadar, dengan memiliki mobil pribadi akan memunculkan biaya-biaya seperti; biaya kepemilikan dan operasi mobil, biaya bahan bakar, perawatan, cicilan mobil dan asuransi ikut memengaruhi besarnya biaya tersebut. Cobalah berhemat dengan menjual mobil Anda dan menggunakan transportasi umum untuk bepergian. Jika Anda harus pergi ke suatu tempat menggunakan mobil, gunakan layanan berbagi tumpangan seperti GO-CAR atau Uber. Jika Anda tidak mau menjual mobil Anda, kurangi penggunaannya dengan menggunakan jasa antar jemput.

Kurangi biaya penggunaan energi rumah tangga. Besarnya biaya tersebut paling banyak dipengaruhi oleh penggunaan AC. Carilah cara untuk meningkatkan efisiensi energi agar biaya penggunaannya dapat berkurang. Pastikan ruangan yang menggunakan AC terinsulasi agar tidak ada udara dari luar masuk sehingga kinerja AC menjadi maksimal dan tidak memakan listrik yang banyak. Mengganti lampu pijar biasa (bohlam) dengan lampu pendar kecil yang lebih efisien atau lampu LED (light-emitting diodes) bisa mengurangi pengeluaran energi rumah tangga juga. Terakhir, cabut semua kabel dari stop kontak ketika perangkat sedang tidak digunakan.

Kurangi pengeluaran untuk hiburan. Banyak orang yang memandang hiburan sebagai aspek pertama yang pengeluarannya perlu dikurangi. Akan lebih mudah bagi Anda untuk memotong pengeluaran untuk hiburan, tanpa memengaruhi gaya hidup Anda secara negatif. Batalkan keanggotaan pusat kebugaran yang Anda ikuti, dan kurangi atau hentikan penggunaan layanan TV kabel (atau akses internet). Gantilah hiburan-hiburan tersebut dengan hiburan-hiburan lain yang lebih murah, seperti berlari atau bersepda di taman, meminjam buku dan film dari perpustakaan, dan mengunjungi acara-acara kebudayaan yang diadakan di kota.

Kurangi pengeluaran untuk makanan. Buatlah daftar menu harian dan masaklah sendiri makanan Anda di rumah. Dengan begini, Anda tidak perlu pergi ke luar rumah untuk makan. Selain itu, Anda juga dapat membawa sisa makanan yang tidak habis sebagai bekal makan siang untuk keesokan harinya agar Anda tidak perlu membeli makan siang di tempat kerja. Gunakan kupon atau belilah produk-produk generik atau umum daripada membeli produk-produk dengan merek yang terkenal dan mahal. Belilah produk-produk yang tidak mudah busuk atau basi (mis. kornet atau sarden kalengan) dalam jumlah besar agar Anda mendapatkan potongan harga. Selain itu, ada baiknya Anda mulai berkebun sendiri agar Anda memiliki persediaan tetap sayur-sayuran segar.

Potonglah biaya asuransi. Jika Anda memiliki kondisi fisik yang sehat dan tidak harus sering berkunjung ke dokter atau klinik, ubahlah paket asuransi kesehatan Anda menjadi paket asuransi yang bersifat high-deductible (jumlah biaya yang ditanggung sendiri akan tinggi). Cari tahu mengenai berbagai layanan asuransi rumah atau kendaraan yang menawarkan tarif premi yang lebih sesuai. Terkadang, penggabungan asuransi rumah dan kendaraan dapat mengurangi tarif premi sehingga Anda dapat lebih berhemat. Selain itu, cobalah beli asuransi jiwa berjangka. Pilihan ini lebih murah dibandingkan dengan asuransi jiwa seumur hidup.

Sediakan saldo tetap di rekening tabungan Anda. Simpanlah uang yang tidak boleh digunakan sama sekali di rekening Anda. Jumlahnya mungkin sekitar 5 sampai 8 juta, atau setara dengan pendapatan Anda selama 1 atau 2 minggu. Saldo tersebut disimpan agar Anda memiliki dana darurat jika sewaktu-waktu ada pengeluaran tak terduga. Dengan begini, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan karena penarikan yang melebihi batas, atau terpaksa menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran tersebut.

Mulailah menyediakan dana darurat. Dana ini berbeda dengan saldo tetap di rekening Anda. Dana darurat merupakan rekening terpisah yang mencakup saldo sebesar (kurang lebih) tiga sampai sembilan bulan pendapatan. Anda dapat menggunakan dana tersebut jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat, seperti mengalami sakit atau kecelakaan, pemecatan, perbaikan rumah besar-besaran atau perbaikan mobil. Dana darurat ini harus disimpan di rekening terpisah yang mendapatkan bunga.

Sumber : Wikihow


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *