Manajemen Persediaan Modern atau Tradisional ?

Bagaimana jadinya jika informasi data persediaan dari bagian gudang ternyata tidak sesuai dengan informasi dari bagian accounting ? Kejadian ini sering ditemui pada perusahaan yang masih belum beralih ke program modern yang terintegrasi.
Perusahaan masih mengandalkan Ms. Excel dalam mengolah aktivitas transaksi hariannya. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab putusnya informasi antar bagian.
Beberapa klien yang pernah Kami tangani mengalami hal seperti ini. Kode dan nama barang yang digunakan oleh bagian gudang tidak sama dengan yang digunakan di bagian accounting. Mengapa bisa terjadi ? Karena masing-masing memiliki database yang berbeda sehingga satu sama lain tidak saling update.

Jika masalah ini ditemukan, artinya Anda sudah harus memikirkan penggunaan program modern yang terintegrasi. Anda cukup membuat data master barang dan data-data yang lainnya untuk sama-sama digunakan oleh bagian yang membutuhkannya.

Dengan begini, setiap transaksi pembelian yang diinput, otomatis mengupdate saldo barang Anda. Informasi barang dan ketersediaannya-pun tidak akan berbeda walau program dibuka oleh bagian manapun. Tidak hanya mengupdate posisi barang, program modern juga otomatis membuat jurnal pembelian.

Berikut 3 manfaat program BoA dalam mengelola persediaan Anda :

Pengelompokkan Barang. Anda dapat mengelompokkan barang kedalam beberapa jenis/variant tertentu sehingga memudahkan Anda melihat dan menganalisa laporan persediaan.

Penentuan Harga Pokok. Dalam mengelola persediaan dikenal 3 jenis metode; FIFO, LIFO dan Average. Program akan secara otomatis menghitung harga pokok sesuai dengan metode yang telah ditentukan.

Laporan Analisa Dari kegiatan aktivitas input transaksi harian akan menghasilkan laporan mutasi barang per gudang, laporan pemakaian barang, laporan penjualan barang, laporan barang paling banyak dijual, laporan penjualan barang per pelanggan dan laporan pembelian barang per supplier.

Dengan 3 manfaat diatas saja, Anda tidak lagi membutuhkan kertas kerja yang banyak karena informasi dapat dilihat secara realtime tanpa harus melakukan print out laporan terlebih dahulu sehingga dapat menghemat waktu juga. Bisa dibayangkan, bagaimana Anda mengetahui ketersediaan barang di gudang dengan cepat dan tepat jika pengelolaannya masih menggunakan Ms.Excel. Belum lagi Anda harus menunggu olah data dari Ms.Excel hanya untuk membuat jurnal manual bagi keperluan laporan keuangan usaha.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *