Mengenal Sistem Pos Retail, Apa Saja Keuntungannya

Mengapa ritel modern lebih cepat maju dan berkembang? Jawabannya karena mereka telah menerapkan Sistem Pos Retail dari mulai usahanya berdiri. Lalu apa sih Sistem Pos itu dan apa saja keuntungan menggunakannya ? Silahkan disimak artikel berikut.

Retail is Detail!

Menghadapi kompetisi persaingan yang ketat khususnya di dunia retail, para peritel dituntut harus cepat menentukan kapan waktu yang tepat untuk menurunkan/menaikkan harga jual barang dikarena margin keuntungan yang diambil para peritel pastinya tidaklah besar.
Sistem Pos Retail diciptakan untuk menyederhanakan dan mempercepat banyak hal. Dari mulai mengetahui harga beli terakhir, harga jual terakhir, retur barang, pelayanan kasir sampai pada kondisi stok barang di gudang.

Strategi Penjualan

Bayangkan jika Anda memiliki usaha retail dengan jumlah item barang mencapai ribuan bahkan puluhan ribu. Bagaimana Anda dapat mengelola dan mengambil langkah tepat dan cepat jika masih menggunakan sistem manual?
Belum lagi Anda harus pintar-pintar melakukan trik marketing untuk mendongkrak omzet usaha seperti mengadakan promo buy 1 get 1 atau beli kopi bonus gula dan lain sebagainya.

Mempercepat Layanan Kasir

Seandainya Anda berada diposisi pembeli yang harus berlama-lama antri hanya untuk membayar barang-barang yang akan Anda beli, seberapa lama Anda sabar menunggu hanya untuk sampai ke meja kasir? Tentu hal ini akan membuat ketidaknyamanan Anda dalam berbelanja bukan. Dengan Sistem Pos Retail, pelayanan kasir dijamin bisa lebih cepat dan lebih teliti karena petugas kasir menggunakan alat bantu scanner barcode dalam pencarian barang akan yang dijual. Beberapa barang mungkin saja belum dilengkapi dengan nomor barcode, namun hal ini tidaklah menjadi masalah karena petugas kasir dapat mencari berdasarkan kode barang atau nama barang.

Menerima Beragam Sistem Pembayaran

Di jaman modern seperti sekarang ini, retail yang tidak menerima pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit pastinya akan tertinggal jauh dengan kompetitor, apalagi sekarang di Jakarta sudah lama berjalan program KJP. Setiap awal bulan, biasanya akan mengalami lonjakan penjualan yang cukup tinggi. Seperti yang terjadi di salah satu klien Kami di bilangan Cilincing, Jakarta Utara, setiap awal bulan toko mereka ramai diserbu pelanggan untuk membeli kebutuhan harian dan kebutuhan pendidikan menggunakan kartu KJP.

Manajemen Stock

Informasi berapa stock yang tersisa di gudang akan sangat berguna bagi para pebisnis retail supaya mereka mengetahui barang mana yang paling banyak dibeli pelanggan dan kapan barang tersebut harus di re-stock.
Dalam menentukan harga jual juga pasti tidak lepas dari harga pembelian barang tersebut. Jangan sampai kenaikan harga beli barang tidak diikuti dengan kenaikan harga jual barang ditempat Anda.

Manajemen Report

Banyak menganggap mengelola laporan usaha retail itu sangat sederhana, padahal kenyataannya tidak. Mengelola laporan usaha retail sangat komplek dan dibutuhkan ketelitian. Dengan menggunakan Sistem Pos Retail, laporan penjualan dan analisa penjualan bisa cepat tersaji. Laporan ini yang nantinya akan Anda gunakan untuk bahan evaluasi bisnis dan mengetahui dengan pasti tren/kebutuhan pasar. Jangan sampai Anda menjual barang yang tidak dibutuhkan oleh pasar tempat Anda menjalankan bisnis.

Sistem Pos Retail Itu Murah

Software BoA menyediakan pilihan jenis Sistem Pos Retail dari mulai harga 750 ribu sampai 2,5 juta yang bisa dipakai untuk usaha retail, toko, swalayan, ataupun restoran. Pencarian data dan rekam transaksi diproses secara cepat karena aktivitas transaksi kasir dituntut untuk bisa cepat melayani pelanggan.
Biarkan Sistem Pos Retail Anda yang mengelola seluruh aktivitas transaksi harian sehingga Anda bisa lebih focus memikirkan cara meningkatkan kualitas barang yang dijual dan layanan apa yang harus diberikan kepada pelanggan untuk menaikkan omzet penjualan harian.

Tertarik menggunakannya atau butuh konsultasi dengan Kami, silahkan hubungi Kami Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *