Penjelasan Fasilitas Program BoA

Penjelasan Fasilitas Program BoA

Program keuangan modern sejatinya dibuat untuk memudahkan dan menyederhanakan aktivitas input data & transaksi untuk menghindari kegiatan double input. Berbeda dengan program general ledger pada umumnya, seluruh proses transaksi secara otomatis membuat jurnal dan menghasilkan laporan keuangan dan laporan pendukung lainnya pada saat transaksi tersebut direkam. Anda tidak perlu membuat nama pelanggan atau nama supplier sebagai kode akun perkiraan lagi karena program BoA telah menyediakan daftar piutang dan hutang serta laporan kartu mutasinya.
Dapat Anda bayangkan, berapa lembar laporan neraca yang harus dicetak jika nama pelanggan dan nama supplier dibuat sebagai kode akun perkiraan ? Begitu juga halnya dengan kode/kelompok barang, nama penerima uang muka pembelian/penjualan dan lain sebagainya, tidak perlu lagi dibuat sebagai kode akun perkiraan.
  • Jasa
    Digunakan untuk pencatatan segala aktivitas transaksi yang berhubungan dengan jasa, baik tunai maupun non tunai

    Persediaan
    Digunakan untuk pencatatan segala aktivitas transaksi pemakaian/penyesuaian barang, transfer barang antar gudang dan proses produksi barang.

    Penawaran Harga
    Digunakan untuk mencatat penawaran harga atas pembelian maupun penjualan produk atau jasa. Sehingga anda dapat mencetak dan mendokumentasikannya. Surat penawaran harga yang sudah dibuat dapat dijadikan acuan pencatatan transaksi purchase order atau sales order, cukup mengambil data dari surat penawaran harga yang sebelumnya sudah pernah dibuat. Dengan adanya fasilitas ini anda juga dapat melihat laporan surat penawaran harga untuk masing-masing supplier atau pelanggan.

    Delivery Order
    Digunakan untuk mencatat penerimaan atas pembelian maupun pengiriman atas penjualan produk atau jasa. Sehingga anda dapat mencetak dan mendokumentasikannya. Delivery Order yang sudah dibuat dapat dijadikan acuan pencatatan transaksi pembelian atau penjualan, cukup mengambil data dari delivery order yang sebelumnya sudah pernah dibuat. Dengan adanya fasilitas ini anda juga dapat melihat laporan penerimaan barang dari supplier atau laporan pengiriman barang ke pelanggan.

    Retur
    Digunakan untuk mencatat pengembalian (retur) dari transaksi pembelian atau penjualan disebabkan karena barang yang dikirim atau diterima tidak sesuai dengan pesanan atau dalam keadaan kurang baik.

    Write Off
    Digunakan untuk mengurangi ataupun menambah nilai hutang atau piutang karena sebab tertentu. Misal; nilai hutang bertambah karena terdapat penambahan biaya transfer bank atau biaya denda keterlambatan bayar dll

    Giro Mundur
    Digunakan apabila penerimaan maupun pengeluaran dana menggunakan giro atau cheque. Pilihan ini ada saat anda input transaksi pembayaran hutang, pembayaran piutang serta kas & bank keluar/masuk. Daftar giro masuk/keluar terdapat di menu aktivitas Kas & Bank

    Purchase Order
    Digunakan untuk mencatat setiap aktivitas order pembelian yang ditujukan kepada supplier. Sehingga anda dapat mendokumentasikan dan melihat laporan setiap order pembelian yang telah dibuat.

    Uang Muka Pembelian
    Digunakan untuk mencatat segala aktivitas uang muka atas pembelian barang ataupun jasa non tunai. Anda dapat menggunakan nilai uang muka secara partial saat input transaksi pembelian (memotong hutang supplier).

    Pengembalian Uang Muka Pembelian
    Digunakan untuk mencatat segala aktivitas pengembalian uang muka atas pembelian berupa barang ataupun jasa non tunai yang pernah dibayarkan kepada supplier.

    Pembelian
    Digunakan untuk mencatat segala aktivitas pembelian berupa barang ataupun jasa baik tunai maupun non tunai. Transaksi pembelian non tunai akan menghasilkan daftar dan laporan mutasi hutang.

    Potongan Pembelian
    Digunakan untuk mencatat segala aktivitas potongan atas pembelian berupa barang non tunai sehingga mengurangi nilai hutang supplier

    Uang Muka Penjualan
    Digunakan untuk mencatat segala aktivitas uang muka atas penjualan barang ataupun jasa non tunai. Anda dapat menggunakan nilai uang muka secara partial saat input transaksi penjualan (memotong piutang pelanggan).

    Sales Order
    Digunakan untuk mencatat setiap aktivitas order penjualan yang ditujukan untuk pelanggan. Sehingga anda dapat mendokumentasikan dan melihat laporan setiap order penjualan yang telah dibuat.

    Sales Order Monitoring
    Digunakan untuk memonitor aktivitas order penjualan yang ditujukan untuk pelanggan sehingga Anda tidak akan kehilangan history informasi kapan barang akan dikirim dan kapan barang akan sampai ke tempat pelanggan sesuai dengan permintaan dari pelanggan.

    Penjualan
    Digunakan untuk mencatat segala aktivitas penjualan berupa barang ataupun jasa baik tunai maupun non tunai. Transaksi penjualan non tunai akan menghasilkan daftar dan laporan mutasi piutang.

    Pengembalian Uang Muka Penjualan
    Digunakan untuk mencatat segala aktivitas pengembalian uang muka atas penjualan berupa barang ataupun jasa non tunai yang pernah diterima dari pelanggan.

    Kas & Bank
    Digunakan untuk segala aktivitas transaksi yang tidak berhubungan dengan pembelian, penjualan atau persediaan. Gunakan fasilitas ini untuk mencatat pengeluaran biaya-biaya, penerimaan dana yang bukan berasal dari penjualan usaha, setoran dari kas ke bank atau aktivitas overbooking dari bank satu ke bank yang lainnya.

    Rekonsiliasi Bank
    Digunakan untuk mencocokan aktivitas transaksi antara rekening koran yang diterima dari bank dengan pencatatan menurut buku perusahaan yang telah anda input kedalam program BoA. Apabila terdapat transaksi menurut rekening koran yang belum diinput kedalam program BoA, anda dapat melakukan penyesuaian dengan melakukan input transaksi tersebut sehingga aktivitas transaksinya menjadi sama. Transaksi yang biasa terjadi adalah transaksi biaya administrasi bank, pendapatan bunga bank, biaya jasa giro dll

    Jurnal Umum
    Pada dasarnya, seluruh aktivitas transaksi harian dapat diinput melalui jurnal umum. Hanya saja, jika seluruh aktivitas transaksi diinput melalui jurnal umum, tidak akan membentuk laporan-laporan buku pembantu seperti; laporan mutasi hutang/piutang, laporan mutasi barang, laporan penjualan per pelanggan, laporan pembelian per supplier dll.

    Surat Perintah Kerja
    Digunakan untuk mencatat surat perintah kerja untuk proses produksi. Anda dapat mencetaknya untuk diteruskan kebagian produksi sebagai dasar melakukan produksi suatu barang.

    Proses Produksi
    Digunakan untuk mencatat biaya-biaya standar dan penggunaan bahan baku atau bahan pembantu untuk siap dilakukan produksi suatu barang. Dengan melalui proses ini akan didapat harga pokok satuan barang yang berasal dari biaya-biaya produksi ditambah harga pokok bahan baku atau bahan penolong.

    Stok Opname
    Digunakan untuk mencocokkan saldo barang antara pencatatan menurut buku perusahaan yang telah anda input kedalam program BoA dengan jumlah fisik barang yang tersimpan di gudang. Jika terdapat perbedaan plus/minus, anda dapat alokasikan perbedaan tersebut menjadi pendapatan lain-lain (jika plus) atau biaya barang (jika minus).

  • Kelompok Alamat
    Digunakan untuk mengelompokkan pelanggan & supplier kedalam kelompoknya masing-masing untuk memudahkan Anda melihat laporan mutasi piutang & hutang per kelompok. Misal; pengelompokkan pelanggan & supplier berdasarkan bidang usaha/jenis layanan/wilayah.

    Data Barang & Jasa
    Digunakan untuk membuat data barang & jasa yang diperjual-belikan. Data barang dapat dikelompokkan menurut kelompoknya masing-masing untuk memudahkan Anda melihat laporan mutasi barang per kelompok.

    Lot Number
    Salah satu fitur pembelian, penjualan, pemakaian/penyesuaian barang dan transfer gudang menggunakan nomor lot. Dilengkapi dengan informasi tanggal produksi dan tanggal expired. Fitur ini dapat juga digunakan bagi perusahaan yang menggunakan transaksi pembelian dan penjualan berdasarkan nomor DO yang dikeluarkan oleh Supplier

    Multi Satuan
    Pusing karena informasi barang tidak pernah sesuai dengan yang ada secara fisik ? Gunakan fitur ini jika barang yang Anda jual/beli memiliki satuan yang berbeda untuk menghasilkan laporan barang yang lebih informatif. Misal; 1 box berisi 10 Pcs

    Multi Gudang
    Digunakan untuk mencatat aktivitas transaksi pemindahan barang dari gudang satu ke gudang lainnya atau penentuan gudang saat input transaksi pembelian dan penjualan sehingga membentuk laporan mutasi persediaan per gudang.

    Multi Mata Uang
    Digunakan untuk mencatat aktivitas transaksi harian dalam bentuk mata uang asing. Program BoA akan mengkonversi secara otomatis transaksi tersebut berdasarkan acuan kurs tukar mata uang asing terhadap mata uang utama. Fasilias ini juga dapat membantu anda untuk menampilkan laporan dalam format mata uang yang diinginkan.

    Pajak Jual/Beli
    Digunakan untuk membentuk data master pajak penjualan/pembelian yang digunakan pada aktivitas transaksi harian perusahaan

    Multi Proyek
    Fasilitas proyek berfungsi untuk alokasi pendapatan dan atau biaya sehingga didapat laporan laba rugi per proyek/pengerjaan. Dengan menggunakan fasilitas ini akan dihasilkan juga laporan pemakaian barang per proyek. Isi/gunakan kolom proyek disetiap aktivitas input transaksi yang berhubungan dengan proyek/pengerjaan

    Multi Fase Proyek
    Digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan tahapan pengerjaan (fase) proyek. Dengan ada fasilitas ini anda dapat menentukan anggaran biaya dan anggaran pendapatan pada masing-masing tahapan (fase) pengerjaan proyek tersebut. Selain itu anda juga dapat mencatat transaksi real yang berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan dalam setiap fase dan pendapatan yang diterima pada setiap fase pengerjaan proyek.

    Multi Departemen
    Fasilitas departemen berfungsi untuk alokasi pendapatan dan atau biaya sehingga didapat laporan laba rugi per departemen. Apabila Anda menginginkan laporan biaya per departemen keuangan/marketing/purchasing dll, gunakan fasilitas ini disetiap aktivitas input transaksi. Departemen dapat juga diterapkan untuk menghasilkan laporan pendapatan dan atau biaya per cabang

    Harta Tetap
    Digunakan untuk mengelola (menginventarisir) harta tetap yang dimiliki perusahaan anda dan membantu anda dalam penghitungan beban penyusutan perbulan, akumulasi beban dan nilai buku. Anda perlu mencatat data harta tetap seperti tanggal perolehan, nilai perolehan, nilai residu, umur ekonomis dan metode yang digunakan untuk perhitungan penyusutan aktiva tetap. Dari data yang telah diinput maka anda dapat memperoleh informasi laporan penyusutan dari masing-masing aktiva tetap.
    Fasilitas ini juga memudahkan anda dalam membuat jurnal penyusutan secara otomatis dari acuan data harta tetap yang sudah diinput.

  • Target Penjualan
    Digunakan untuk menentukan target penjualan per barang sebagai dasar perhitungan komisi penjualan per salesman

    Uang Muka
    Digunakan untuk mencatat aktivitas transaksi penerimaan uang muka dari pelanggan ataupun pengeluaran uang muka untuk supplier. Anda dapat menggunakan uang muka bernilai penuh maupun secara partial dalam setiap aktivitas transaksi pembelian ataupun penjualan.

    Harga Jual Per Golongan
    Digunakan untuk menentukan harga jual per golongan pelanggan pada saat Anda mengadakan promosi penjualan. Misal; harga barang atas pembelian > 10 berbeda dengan pembelian < 10, dan seterusnya. Informasi harga jual yang pernah dibuat disajikan dalam daftar harga jual sehingga Anda tidak akan pernah kehilangan jejak informasi tersebut

    Import Transaksi Antar Database BoA
    Digunakan untuk melakukan konsolidasi/penggabungan seluruh aktivitas transaksi yang terjadi didatabase pusat dan cabang sehingga membentuk laporan keuangan secara menyeluruh.

  • Laporan Keuangan
    Digunakan untuk melihat dan menganalisa kondisi perusahaan. Laporan keuangan dapat berupa laporan neraca, neraca saldo dan rugi laba

    Laporan Jurnal
    Digunakan untuk melihat jurnal seluruh aktivitas transaksi yang telah diinput kedalam program BoA.

    Laporan Buku Besar
    Digunakan untuk melihat mutasi seluruh aktivitas transaksi yang disajikan per akun perkiraan.

    Mutasi Hutang & Piutang
    Digunakan untuk melihat seluruh aktivitas transaksi yang berhubungan dengan hutang & piutang. Laporan ini juga menyediakan informasi tanggal jatuh tempo dan umur hutang & piutang.

    Mutasi Barang
    Digunakan untuk melihat seluruh aktivitas transaksi yang berhubungan dengan barang. Pada laporan ini akan terlihat pergerakan barang atas transaksi yang telah diinput kedalam program BoA.

    Grafik Analisa Keuangan
    Digunakan untuk analisa aktivitas keuangan dalam bentuk tampilan grafik yang informatif

    Export Laporan
    Seluruh laporan yang tersedia diprogram BoA dapat di export kedalam format Ms.Excel, Ms.Word, PDF, Jpeg, PNG, HTML

Lihat Tabel Perbandingan Produk BoA