fbpx

Penyusunan Laporan KITE IT-Inventory Bea Cukai

Masih Bingung Bagaimana Cara Menyusun Laporan KITE IT-Inventory ?

Pada kesempatan lalu Kami diminta mendampingi salah satu klien yang bergerak dalam bidang industri garment melakukan Asistensi ke kantor Bea Cukai Surakarta, Jawa Tengah untuk pengajuan fasilitas KITE (Kemudahan Ekspor Tujuan Impor).

Dalam penjelasan yang cukup informatif, petugas juga melakukan interview dengan membawa kertas yang berisi Check List Kewajiban Pemenuhan IT Inventory.

Selain menjelaskan laporan-laporan apa saja yang wajib disediakan oleh pelaku usaha ekspor impor untuk mendapatkan fasilitas KITE, petugas juga memberikan rekomendasi penyediaan komputer server yang baik dan koneksi internet karena selain mengecek laporan secara online, petugas Bea Cukai juga akan memantau kondisi pabrik melalui CCTV,

Selanjutnya petugas memberikan arahan tentang langkah-langkah yang harus dijalankan sehubungan dengan penggunaan aplikasi IT-Inventory antara lain :

1. Asistensi oleh Kasie Bea Cukai setempat untuk memastikan tersedianya laporan di aplikasi IT Inventory

2. Pengajuan cek lokasi setelah aplikasi IT Inventory disetujui oleh Kasie

3. Pelaksanaan cek kesiapan infrastruktur dan petugas per bagian

4. Pengajuan Asistensi ke Kanwil Bea Cukai

dst

Kesimpulan Asistensi seperti yang Kami kutip dari pernyataan Ibu Octavia Petugas Bea Cukai Surakarta adalah; pihak Bea Cukai hanya menyediakan format laporan-laporannya saja, pelaku bisnis dipersilahkan menggunakan aplikasi apapun selama bisa menyediakan laporan-laporan yang diminta pihak Bea Cukai. Akan lebih baik jika menggunakan aplikasi yang sudah ter-integrasi dengan akunting seperti yang telah disediakan BoA Online Accounting ini. Sehingga perusahaan tidak perlu membuat jurnal-jurnal dan laporan keuangan lainnya karena BoA Online Accounting telah menyediakan seluruhnya.

Klik disini jika ingin mencoba Demo BoA Online Accounting atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Video Cara Penyusunan Laporan KITE IT-Inventory

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *