Perbedaan Sistem Akuntansi Accrual-Deferral

Apa sih yang membedakan antara sistem akuntansi berbasis Accrual dengan Deferral ???

Accrual yaitu : suatu beban yang belum dibayar atau pendapatan yang belum diterima

Deferral yaitu: penangguhan pengakuan atas suatu beban yang telah dibayar atau pendapatan yang telah diterima

Beban ditangguhkan yang diperkirakan bermanfaat untuk jangka waktu yang pendek dicantumkan di neraca dalam aktiva lancar, yang disebut beban dibayar dimuka
Sedangkan pembayaran di muka jangka panjang yang dapat dibebankan pada operasi beberapa tahun disajikan di neraca dalam bagian yang disebut beban yang ditangguhkan (deferral charges)
Pendapatan yang ditangguhkan dapat dicantumkan di neraca sebagai kewajiban lancar, yang disebut pendapatan yang belum dihasilkan atau pendapatan di terima di muka.
Sedangkan pendapatan yang ditangguhkan yang mencakup jangka panjang, disajikan di neraca pada bagian yang disebut kredit yang ditangguhkan. (deferral credits)
Beban yang masih harus dibayar dinyatakan di neraca sebagai kewajiban yang masih harus dibayar. Kewajiban untuk beban yang masih harus dibayar biasanya jatuh tempo dalam jangka waktu jangka satu tahun dan dicantumkan di neraca sebagai kewajiban lancar
Pendapatan yang masih harus diterima dapat dicantumkan di neraca sebagai aktiva yang masih harus diterima. Jumlah piutang usaha untuk pendapatan yang masih akan diterima biasanya jatuh tempo dalam jangka pendek dan digolongkan sebagai aktiva lancar.

Biar lebih mudah memahaminya, silahkan perhatikan penjelasan berikut :

Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Beban Yang Masih Harus Dibayar (Accrual)
Beban yang masih harus dibayar yaitu biaya yang telah diakui dalam periode akuntansi yang sedang berjalan namun belum dilakukan pembayaran (uang belum keluar).
Contoh akun perkiraan accrual : Tunjangan yang masih harus dibayar, gaji yang masih harus dibayar, pendapatan yang masih harus diterima
Contoh jurnal accrual :
Beban Tunjangan (Dr)
Tunjangan Yang Masih Harus Dibayar (Cr)

Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Beban Dibayar Dimuka (Deferal)
Beban dibayar dimuka (prepaid expense) yaitu biaya barang atau jasa yang telah dibeli tetapi belum digunakan pada akhir periode akuntansi.
Bagian aktiva yang telah digunakan selama periode tersebut akan menjadi beban sedangkan sisanya tidak akan menjadi beban.
Contoh akun perkiraan deferral : Asuransi dibayar di muka, sewa dibayar dimuka, sewa dibayar dimuka, iklan dibayar dimuka, bunga dibayar dimuka, dan berbagai jenis perlengkapan.
Contoh jurnal deferral :
Beban Asuransi (Dr)
Asuransi Dibayar Dimuka (Cr)

Semoga pembaca dapat memahami penjelasan diatas serta sudah bisa membedakan mana sistem akuntansi yang berbasis accrual dan mana yang berbasis deferral.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *