Pihak-pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi


Secara definitif, akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, dan penyampaian informasi ekonomis untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan-pertimbangan dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh pemakai informasi tersebut.

Siapa saja pihak-pihak yang disebut sebagai pemakai informasi akuntansi :

Pihak Internal, yaitu manajemen yang berkepentingan langsung dan sangat membutuhkan informasi keuangan untuk tujuan perencanaan, pengkoordinasian, dan pengendalian dalam operasi perusahaan. Selain itu, karyawan juga membutuhkan informasi ini untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, manfaat pensiun, dan kesempatan kerja. Ketika perusahaan dalam kondisi baik maka karyawan akan berkesempatan untuk meminta penyesuaian gaji.

Pihak Eksternal, yaitu pihak-pihak yang berada diluar perusahaan yang meliputi :
Pemilik perusahaan, mereka perlu mengetahui perkembangan perusahaan dalam mencapai tujuan dan jumlah kekayaan yang ditanamkan di dalam perusahaan.

  1. Kreditur, mereka perlu mengetahui kemampuan perusahaan untuk membayar utang-utangnya agar dapat menjamin kredit yang dipinjamkan.
  2. Pemerintah memerlukan data akuntansi untuk dipakai sebagai dasar dalam menentukan mengenai masalah perpajakan, agar laba yang dikenakan pajak sesuai.
  3. Pelanggan (customer) membutuhkan informasi akuntansi untuk kelangsungan hidup perusahaan, terutama jika mereka terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan perusahaan.
  4. Pemasok (supplier) berkepentingan untuk mengevaluasi hubungan usaha di masa mendatang dengan perusahaan.
  5. Masyarakat umum, berkepentingan karena aspek umum dan social perusahaan sebagai lembaga ekonomi.
  6. Lembaga pendidikan berkepentingan untuk tujuan riset.

Kesimpulannya; informasi akuntansi tidak hanya dibutuhkan dikalangan departemen keuangan dan akuntansi saja. Banyak pihak yang sesungguhnya memerlukan informasi ini.

Jangan sampai ada diantara karyawan yang sempat berucap :

”belasan tahun bekerja diperusahaan ini, baru sekarang saya paham apa itu neraca, laba rugi dan laporan-laporan lainnya”
”setelah mengetahui informasi ini, barulah Kami memahami dan memaklumi kebijakan yang selama ini dijalankan oleh manajemen.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *