Quick Setup Program BoA


Berikut cara menggunakan program BoA edisi back office

Pada menu utama program BoA, klik Buat Data Baru untuk membuat database keuangan baru sehingga menampilkan jendela pengisian informasi perusahaan seperti dibawah ini :

Pada jendela informasi diatas, isi kolom-kolom yang Anda anggap perlu. Kemudian klik tombol Proses untuk mulai membuat database keuangan baru.

Setelah database keuangan terbentuk, susun terlebih dahulu kode-kode dan nama akun perkiraan sebagai pembentuk laporan keuangan (buku besar, arus kas, perubahan modal, neraca & laba rugi).

Dalam setiap pembuatan database, program BoA telah menyediakan kode dan nama akun perkiraan standar yang biasa digunakan di beberapa perusahaan. Anda dapat menambah/merubah/menghapus kode perkiraan tersebut.

Klik menu Data Master > Data Akun untuk menampilkan daftar kode dan nama perkiraan akun. Pada jendela daftar akun, klik tombol Tambah jika ingin menambahkan nama perkiraan baru, klik tombol Rubah jika ingin merubah nama perkiraan yang sudah ada atau klik tombo Hapus jika ingin menghapus nama perkiraan yang tidak Anda gunakan.

Bagi Anda yang menjalankan jenis usaha dagang/retail/distributor, klik menu Data Master > Data Barang untuk membuat daftar barang yang Anda perjual-belikan.

Setelah data barang selesai dibuat, bagi perusahaan yang telah berjalan sebelum menggunakan program BoA diharuskan input saldo awal persediaan. Klik menu Aktivitas > Persediaan >Saldo Awal Persediaan

Setelah Anda selesai mengisi saldo awal persediaan, lakukan aktivitas transaksi harian seperti :

Transaksi Penjualan. Klik menu Aktivitas > Penjualan > Transaksi Penjualan

Dari transaksi penjualan diatas, program secara otomatis akan membentuk jurnal voucher penjualan seperti pada gambar berikut :

Untuk melakukan input transaksi pembelian, klik menu Aktivitas > Pembelian > Transaksi Pembelian

Dari transaksi diatas, program secara otomatis membentuk jurnal voucher pembelian seperti pada gambar berikut :

Berikut contoh kartu stok persediaan yang disediakan oleh program :

Untuk mencatat seluruh pengeluaran opererasional, klik menu Aktivitas > Kas & Bank > Kas Keluar

Demikianlah quick setup penggunaan program BoA. Dengan menggunakan program BoA, Anda tidak memerlukan lagi mencatat jurnal double entry, membuat laporan rekap penjualan/pembelian, membuat laporan mutasi barang, serta menyusun laporan buku besar, neraca & laba rugi karena seluruh proses diatas telah dilakukan secara otomatis oleh program sehingga pekerjaan input data transaksi menjadi lebih cepat dan lebih menyenangkan.

Baca Juga : Halaman Support Program BoA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *