Yakin Masih Mau Manual ???

Yakin Masih Mau Manual ???

“ Sehingga bagian akuntansi dapat menjalankan fungsi
controlling, bugdeting & auditing secara maksimal ”

Setiap perusahaan modern pasti memiliki bagian keuangan dan akuntansi dimana diakhir bulannya selalu memiliki porsi kerjaan yang lebih banyak lagi. Bagian keuangan direpotkan melakukan kegiatan penerimaan, pembayaran dan rekonsiliasi keuangan, sementara bagian akunting direpotkan untuk melakukan pengikhtisaran, penggolongan dan pencatatan transaksi untuk menghasilkan apa yang disebut laporan keuangan.

Laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh manajemen perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan usahanya serta sebagai bahan evaluasi dalam menentukan strategi bisnis selanjutnya.

Rata-rata, batas maksimal penyajian laporan keuangan itu harus sudah ada dimeja manajemen setiap tanggal 5 disetiap bulannya. Mengapa demikian ? Agar laporan keuangan dapat dipelajari terlebih dahulu oleh pihak manajemen. Jika terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian, maka pihak manajemen akan meminta bagian akuntansi memperbaikinya.

Bisa dibayangkan bagaimana jika perusahaan masih menjalankan metode pencatatan manual, pastinya akan menguras waktu dan tenaga untuk dapat menghasilkan seluruh laporan. Bagian akuntansi yang dalam hal ini mengambil peranan sangat penting, menjadi harus bekerja lembur untuk menyelesaikannya. Mereka harus mengumpulkan seluruh dokumen-dokumen transaksi dari masing-masing bagian untuk kemudian melakukan penjurnalan, dan membuat buku besar sebelum menyusun laporan keuangan.

Kondisi diatas sangat bertolak belakang dengan perusahaan dimana mereka telah menjalankan pembukuannya secara modern menggunakan financial & accounting software. Masing-masing bagian melakukan kegiatan pencatatan transaksi langsung kedalam program untuk menghasilkan dokumen-dokumen transaksi dan laporan masing-masing aktivitas. Bagian akuntansi tidak perlu repot-repot lagi melakukan penjurnalan, membuat buku besar, menyusun laporan neraca, laporan laba rugi dan laporan-laporan lainnya karena seluruhnya secara otomatis telah diproses oleh program. Sehingga bagian akuntansi dapat menjalankan fungsi controlling, bugdeting & auditing secara maksimal untuk memberikan masukan tentang keuangan perusahaan kepada manajemen disetiap rapat bulanan perusahaan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *