Yang Harus Disiapkan Sebelum Menggunakan Software Akuntansi


Penerapan software akuntansi disuatu perusahaan pastinya akan memberikan banyak manfaat, baik dari sisi efisiensi tenaga kerja, menghindari kesalahan pencatatan dikarenakan banyaknya buku-buku transaksi yang harus direkap sampai ke laporan yang dihasilkan. Agar penerapan software akuntansi dapat berjalan secara efisien, cepat dan optimal, ada 3 point krusial yang harus Anda perhatikan.

Hal-hal apa saja yang harus disiapkan perusahaan sebelum menggunakan software akuntansi, berikut uraiannya.

  1. Daftar piutang pelanggan, adalah rincian piutang pelanggan yang belum diterima oleh perusahaan/belum dibayar oleh pelanggan. Untuk mempermudah proses aktivitas pembayarannya, ada baiknya daftar ini disajikan per nomor invoice penjualan.
  2. Daftar hutang supplier, adalah rincian hutang supplier yang belum dibayar oleh perusahaan. Seperti halnya piutang, daftar hutang juga disajikan per nomor invoice pembelian.
  3. Daftar barang, rincian kode dan nama barang yang disertakan dengan informasi nama satuan, kelompok barang, harga satuan dan jumlah barang yang masih tersedia/tersimpan di gudang

Ketiga persiapan diatas ada baiknya didokumentasikan dan dibuatkan dalam bentuk surat ketetapan dari pihak manajemen perusahaan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan kedepan harinya.

Penerapan software akuntansi sangat jauh berbeda dengan software GL pada umumnya. Seluruh modul dan menu software akuntansi dibuat secara integrasi yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga jika terjadi kesalahan dalam menginput saldo awal pada saat transaksi sudah banyak yang terinput maka kita harus melakukan unpost atau menghapus transaksi yang terkait dengan saldo awal tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga konsistensi database agar laporan keuangan dan laporan pendukung lainnya tidak mudah dimanipulasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *