4 Keunggulan Cloud Accounting

  • admin 

Pengertian Cloud Accounting

Definisi cloud accounting secara umum adalah gabungan antara pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang memiliki fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi akuntansi dan keuangan melalui perangkat yang terkoneksi dengan internet pada waktu yang sama.
Cloud accounting software tidak jauh berbeda dengan software akuntansi sebelumnya yang menggunakan installer dan diinstal sendiri di komputer desktop, yang membedakan hanya software accounting ini diinstal dan disimpan pada remote server.
Dengan menggunakan software cloud accounting, Anda tidak perlu meng-instal dan memelihara software di komputer desktop. Anda cukup menggunakannya melalui browser internet pada komputer desktop ataupun tablet. Cloud accounting juga memungkinkan karyawan pada bagian lain, kantor cabang untuk mengakses data yang sama dengan versi software yang sama pula.
Selain itu, dengan menggunakan cloud accounting bisa meminimalisasi kerusakan database pada saat kejadian listrik mati karena saat user sedang melakukan entry data kemudian terjadi listrik mati, komputer cloud akan tetap hidup disaat komputer user dalam keadaan mati.

BoA Online – Simplicity & Powerful

Berikut 4 Keunggulan Cloud Accounting Bagi Usaha Anda

Dimana Saja & Kapan Saja
Jalankan usaha Anda dimana saja & kapan saja. Input transaksi harian, cetak atau kirim faktur penjualan secara instan, kontrol stok barang dan biaya usaha secara realtime. Laporan keuangan cabang dapat diakses secara langsung tanpa harus mengirimkan file laporan ataupun print out laporan.

Berbagi & Kolaborasi Dengan Karyawan
Mengadakan online meeting dengan karyawan atau sekedar menganalisa pendapatan dan biaya sampai analisa laporan keuangan secara langsung baik dilakukan oleh Anda pribadi ataupun dengan bantuan konsultan keuangan Anda menggunakan user akses masing-masing yang dapat dirubah hak aksesnya kapan saja Anda inginkan.

Keamanan Database Terjamin
Cloud accounting memberikan layanan yang lebih aman dalam penyimpanan informasi keuangan daripada desktop accounting software. Misalnya, komputer atau laptop yang didalamnya berisi informasi keuangan yang sangat penting bisa saja hilang atau dicuri yang dapat mengakibatkan penyalahgunaan informasi. Dengan cloud accounting, data keuangan tidak tersimpan di komputer perusahaan, data keuangan dienkripsi dengan password yang aman.
Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin berbagi data. Dengan cloud accounting, untuk saling berbagi data, orang yang akan memberi dan menerima data harus memiliki hak mengakses sistem yang sama dengan password unik yang diberikan.
Dan yang terakhir tentang keamanan database, provider cloud biasanya memiliki back-up server di dua atau lebih lokasi. Jika ada satu sever dalam jaringan yang mengalami gangguan, anda masih bisa mengakses data.

Pengambilan Keputusan Managemen Yang Cepat & Tepat
Dengan adanya teknologi cloud accounting ini maka akan memungkinkan akses data yang semakin cepat, akurat, real time dan aman. Ini akan mempermudah pelaku usaha dalam memonitor laporan keuangan dimanapun dan kapanpun sehingga dapat mengambil keputusan dengan cepat dan akurat.
Misalnya Anda ingin melihat saldo petty cash, saldo bank, tagihan supplier, pelanggan mana yang belum ditagih atau saldo item barang, semua dapat dilakukan secara realtime

Kesimpulan
Teknologi semakin canggih seiring dengan perkembangan jaman memaksa merubah pola kerja dan target Anda demi pencapaian tujuan usaha. Jangan sampai bisnis yang sudah Anda bangun, punah tergerus perubahan itu sendiri.

BoA Online dengan teknologi cloud accounting siap membantu Anda mewujudkan impian bisnis Anda.
Coba sekarang atau ketinggalan selamanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *