6 Alasan UKM Butuh Pembukuan Usaha

  • admin 
Grafik Analisa Bisnis

Pembukuan usaha UKM ribet?

Lebih ribet mana jika menjalankan usaha tanpa pembukuan usaha?

Sebenarnya bukan hanya sekedar untuk mengetahui history transaksi saja, UKM wajib paham sesungguhnya ada banyak hal penting di balik pembukuan usaha 😃

Berikut 6 alasan mengapa UKM butuh pembukuan usaha :

1. Mengetahui Jumlah Transaksi

Setiap usaha tentu mempunyai transaksi yang perlu dicatat. Dengan pembukuan, jumlah transaksi masuk & keluar sangat mudah dipantau.

2. Mengetahui Untung/Rugi Usaha

Setiap pengusaha tentunya ingin mengetahui secara pasti keuntungan & kerugian atas usaha yang dijalankannya. Dengan pembukuan, Anda bisa mengetahui secara cepat berapa keuntungan/kerugian usaha disetiap periode berjalannya usaha.

3. Mengetahui Informasi Aset, Hutang, Piutang & Stock Barang

Dengan pembukuan, pengusaha jadi mengetahui jumlah aset yang dimiliki, hutang & piutang jatuh tempo, stok persediaan gudang jauh lebih mudah. Jadi, pengusaha gak melulu hanya memperhatikan berapa penjualan per hari, per bulan atau per tahun. Pengusaha juga wajib mengetahui berapa aset yang dimiliki perusahaan saat ini, pelanggan mana saja yang belum membayar serta berapa hutang perusahaan kepada supplier dan kapan perusahaan harus membayarnya.

4. Mengontrol Biaya

Pengusaha dapat mengetahui berapa biaya yang telah dikeluarkan dengan cepat, baik biaya operasional maupun biaya produksi. Karena sejatinya, biaya transfer bank, administrasi bank dll yang mungkin saja nilainya kecil termasuk biaya yang wajib dicatat. Dan yang parahnya, kebanyakan pelaku UKM masih mencampur uang pribadi dengan uang hasil usahanya sehingga mereka sering dihadapi permasalahan, penjualan tinggi tapi uangnya entah kemana.

5. Sebagai Bahan Analisa Bisnis

Dengan pembukuan, pengusaha lebih mudah menganalisa & menentukan rencana bisnis selanjutnya. Dengan analisa bisnis berupa grafik, Anda dapat mengetahui dengan secara cepat dibulan apa saja penjualan mengalami kenaikan/penurunan yang signifikan sehingga Anda bisa mempersiapkan ketersediaan stok barang. Jangan sampai disaat permintaan suatu barang meningkat tapi stok barang tidak mencukupi, mau pesan ke supplier membutuhkan waktu lama lagi.

6. Mudah Mengajukan Pinjaman

Dengan pembukuan usaha yang jelas & transparan, pihak manapun dapat menilai kelayakan perusahaan Anda. Ini berguna apabila Anda ingin mengajukan pinjaman kepada pihak bank atau melakukan kerjasama dengan pihak lain yang ingin berinvestasi di perusahaan Anda.

Nah…semoga 6 alasan diatas bisa membuat Anda tergerak untuk mulai merapihkan pembukuan usaha Anda SEKARANG!

Mau mencoba BoA Online, silahkan Coba Gartis Disini

BoA Online telah menyediakan ratusan laporan dan grafik analisa bisnis diantaranya :

✅ Grafik Neraca Perusahaan

✅ Grafik Laba Rugi Perusahaan

✅ Umur Hutang dan Piutang

✅ Stock Barang Minimum

✅ Barang Dengan Penjualan Terlaris

✅ Penjualan Harian/Bulanan/Tahunan

✅ Perbandingan Penjualan Tahun ini vs Tahun Lalu

BoA Online juga menyediakan format Faktur/Invoice penjualan yang bisa dikustom sesuai dengan kebutuhan Anda. Input transaksi penjualan, cetak invoice, kirim ke pelanggan dengan cepat. Atau Anda bisa mengirimkan Faktur/Invoice ke pelanggan Anda melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published.