fbpx

8 Rumus Akuntansi Untuk Pebisnis

Bagi Anda pengusaha UMKM, berikut adalah beberapa rumus akuntansi standar yang harus Anda ketahui dan sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai selesai. Formula-formula ini umumnya dipakai dalam bidang bisnis apa pun dan akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk memahami kelangsungan hidup dan kesehatan bisnis Anda.

8 Rumus Akuntansi

1. PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI
Rumus Persamaan Dasar Akuntansi adalah Harta = Kewajiban + Modal Pemilik

Penjelasannya :
Harta adalah semua hal yang dimiliki perusahaan Anda, termasuk properti, uang tunai, inventaris, dan peralatan yang akan memberi Anda manfaat di masa depan.
Kewajiban adalah kewajiban yang harus Anda bayar, termasuk hal-hal seperti pembayaran sewa, biaya akun pedagang dan layanan utang.
Modal Pemilik adalah bagian dari perusahaan yang sebenarnya milik pemilik.

2. LABA BERSIH
Rumus menghitung Laba Bersih adalah Pendapatan – Biaya/HPP

Penjelasannya :
Pendapatan adalah penjualan atau arus kas masuk positif lainnya yang masuk ke perusahaan Anda.
Biaya/HPP adalah biaya yang terkait langsung dengan penjualan.
Dengan mengurangi pendapatan Anda dari pengeluaran Anda, Anda dapat menghitung penghasilan bersih Anda. Ini adalah uang yang Anda dapatkan pada akhir hari. Ada kemungkinan bahwa angka ini akan menjadi negatif ketika bisnis Anda dalam tahap awal, sehingga tujuannya adalah agar laba bersih bisnis Anda menjadi positif, artinya bisnis Anda menguntungkan.

3. TITIK IMPAS (BREAK EVEN POINT)
Rumus mencari Break Even Point adalah (Biaya Tetap : Harga Jual) – Biaya Variabel Per Unit

Penjelasannya :
Biaya Tetap adalah biaya berulang yang dapat diprediksi yang harus Anda bayar untuk menjalankan bisnis. Biaya-biaya ini termasuk premi asuransi, sewa, gaji karyawan, dll.
Harga Jual adalah harga eceran tempat Anda menjual produk atau jasa Anda.
Biaya Variabel Per Unit adalah jumlah yang Anda keluarkan untuk membuat produk Anda.
Jika Anda membagi biaya tetap Anda dengan harga jual produk Anda, dikurangi jumlah biaya untuk membuat produk Anda, Anda akan memiliki titik impas, yang memberi tahu Anda berapa banyak yang harus Anda jual untuk menutupi semua kebutuhan Anda. biaya.

4. Rasio Kas
Rumus menghitung rasio kas adalah Total Kas : Kewajiban Lancar

Penjelasannya :
Ini memberi Anda gambaran tentang berapa banyak uang tunai yang Anda miliki saat ini.
Total Kas adalah jumlah uang tunai yang Anda miliki. Ini dapat mencakup kas dan setara kas aktual (yaitu sekuritas investasi yang sangat likuid).
Kewajiban Lancar adalah hutang saat ini yang telah dikeluarkan oleh bisnis.
Rasio ini menunjukkan seberapa baik bisnis Anda dapat melunasi kewajiban saat ini. Dalam hal ini, semakin tinggi angkanya, semakin sehat perusahaan Anda.

5. Margin Keuntungan
Rumus mencari margin keuntungan adalah Penjualan Bersih : Penjualan

Penjelasannya :
Penjualan Bersih adalah jumlah total uang yang dihasilkan bisnis Anda setelah dikurangi pengeluaran/biaya.
Penjualan adalah jumlah total penjualan yang Anda hasilkan.
Saat Anda membagi penghasilan bersih dengan penjualan, Anda akan mendapatkan margin keuntungan organisasi Anda. Margin laba yang tinggi menunjukkan perusahaan yang sangat sehat. Margin laba rendah dapat mengungkapkan betapa tidak berhasilnya sebuah perusahaan, tetapi itu juga bisa berarti bahwa organisasi Anda tidak menangani pengeluarannya dengan baik. Ingat bahwa penghasilan bersih Anda terdiri dari total pendapatan Anda dikurangi pengeluaran Anda. Jika Anda memiliki pendapatan penjualan yang tinggi, tetapi masih memiliki margin laba yang rendah, mungkin sudah saatnya untuk melihat angka-angka yang membentuk pendapatan bersih Anda.

6. Rasio Utang Terhadap Modal
Rumus rasio utang terhadap modal adalah Total Kewajiban : Total Modal

Penjelasannya :
Total Kewajiban mencakup semua biaya yang harus Anda bayarkan kepada pihak luar, seperti pembayaran pinjaman atau bunga.
Total Modal adalah seberapa banyak perusahaan sebenarnya milik pemilik atau karyawan lain. Dengan kata lain, itu adalah jumlah uang yang diinvestasikan pemilik di perusahaannya sendiri.
Rasio utang terhadap ekuitas yang tinggi menggambarkan bahwa sebagian besar pembiayaan perusahaan Anda berasal dari sumber luar, seperti bank. Jika Anda berusaha mendapatkan lebih banyak pembiayaan atau mencari investor, rasio utang terhadap ekuitas yang tinggi mungkin membuat lebih sulit untuk mendapatkan pendanaan.

7. Harga Pokok Penjualan
Rumus mencari harga pokok penjualan adalah Biaya Pemakaian Persediaan – Biaya Langsung

Penjelasannya
Biaya Pemakaian Persediaan adalah nilai pemakaian barang yang muncul karena proses produksi.
Biaya Langsung adalah total biaya barang yang dijual.
Dengan mengurangi biaya output dari biaya bahan, Anda akan tahu harga pokok penjualan Anda. Ini memberi tahu Anda jika biaya yang Anda bayarkan untuk membuat produk Anda sesuai dengan pendapatan yang Anda peroleh ketika Anda menjualnya.
Bagi perusahaan dagang/distributor Harga Pokok Penjualan didapat dari biaya modal pembelian barang + biaya-biaya langsung seperti biaya packaging, pengiriman, upah langsung dll.

8. Laba Ditahan
Rumus menghitung laba ditahan adalah Saldo Laba/Rugi Bersih – Dividen Yang Dibayar

Pengertiannya
Saldo Laba/Rugi Bersih merupakan jumlah dari semua laba/rugi bersih sejak awal bisnis dikurangi semua dividen tunai yang dibayarkan sejak awal.
Laba Bersih Perusahaan merupakan saldo setelah mengurangi biaya dari pendapatan. Ini juga memungkinkan untuk menghasilkan kerugian bersih.
Dividen Yang Dibayar adalah pembayaran tunai kepada mereka yang memiliki saham biasa.
Mengetahui cara menghitung laba ditahan memungkinkan pemilik untuk melakukan analisis keuangan yang lebih mendalam. Pernyataan laba ditahan memungkinkan pemilik untuk menganalisis laba bersih setelah memperhitungkan pembayaran dividen. Pemilik harus menghitung laporan laba ditahan pada akhir setiap periode akuntansi, bahkan jika jumlah masalah dividen adalah nol.

Yang terpenting adalah memiliki pemahaman yang baik tentang rumus-rumus ini bahkan jika Anda tidak berencana untuk mengelola akuntansi Anda sendiri. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki tentang keuangan Anda, semakin baik Anda dapat mengelola bisnis Anda.

Pantau Kesehatan Keuangan Perusahaan Anda
Sistem akuntansi yang menyeluruh akan memungkinkan Anda untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan Anda dengan benar. Ada banyak rumus lain yang dapat Anda gunakan, tetapi delapan yang kami sajikan diatas adalah beberapa persamaan akuntansi paling dasar.

Meskipun persamaan-persamaan akuntansi dasar ini tampak sederhana, namun pada penerapannya bisa jadi rumit. Banyak pemilik UMKM merasa jauh lebih sulit untuk menyeimbangkan sisi kanan persamaan dengan sisi kiri persamaan ketika memperhitungkan potensi ratusan kode-kode perkiraan yang mereka miliki di perusahaan mereka.

Untungnya, sekarang banyak perangkat lunak akuntansi yang dapat membantu para UMKM. Anda hanya perlu menginput transaksi harian bisnis Anda selanjutnya perangkat lunak yang memproses penjurnalan sehingga Anda dapat menganalisis kesehatan bisnis Anda. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki tentang keuangan Anda, semakin efisien Anda dapat menjalankan bisnis Anda.

Semoga rumus diatas dapat diterapkan di perusahaan Anda. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan kepada yang lain.

Bagi Anda yang ingin mempelajari ilmu akuntansi dasar, Anda dapat menonton penjelasan yang disertakan dengan studi kasus perusahaan-perusahaan dalam video-video berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *