Begini Cara Promosi Yang Efektif & Efisien. Maaf No Debat!

  • admin 

Faktor promosi sangatlah penting untuk memperkenalkan usaha Kamu kepada khalayak ramai. Tanpa promosi, usaha Kamu, toko kamu ataupun website kamu sulit mendatangkan calon customer. Lebih-lebih diera digital seperti sekarang ini.


Mengapa sih kita perlu melakukan promosi ?

First things first. Supaya produk atapun jasa yang Kamu jual diketahui keberadaannya olah khalayak ramai. Bagaimana produk Kamu mau diserbu pembeli jika keberadaannya saja tidak banyak diketahui orang.

Promosi dapat membangun image positif perusahaan Kamu
Promosi merupakan kesempatan baik untuk Kamu ikut mengkomunikasikan tentang visi dan misi dari bisnis Kamu. Dengan demikian, calon pembeli bisa semakin mengerti kenapa mereka harus membeli produk tersebut dan kenapa harus membelinya dari Kamu.

Membuat logo bisnis Kamu menjadi lebih dikenal
Ini merupakan sebuah signal bahwa promosi yang Kamu jalankan mulai tersimpan di memori konsumen kamu bahkan di khalayak umum. Hal ini dapat membuat bisnis Kamu tampil stand out di tengah derasnya persaingan bisnis.

Membangun komunikasi dua arah dengan konsumen
Penting untuk menghadirkan bisnis Kamu di tengah masyarakat. Promosi dapat membantu Kamu mewujudkan hal tersebut. Dengan promosi, Kamu bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada konsumen sekaligus melakukan penjualan.

Mengembangkan bisnis
Terakhir, dengan promosi tentu akan membuat lebih banyak orang yang mengetahui produk yang Kamu tawarkan. Dengan begitu, peluang untuk meningkatkan penjualan akan semakin terbuka lebar, sehingga pendapatan akan bertambah dan Kamu jadi memiliki cukup modal untuk mengembangkan bisnis Kamu.

Persiapan sebelum membuat program promosi

Sekarang Kamu sudah mengetahui pentingnya promosi untuk kelangsungan sebuah bisnis dong? Tapi…tahan dulu nafsu Kamu ya, karena ada beberapa persiapan yang dibutuhkan agar program promosi Kamu bisa efektif dan efisien. Berikut ini persiapan yang Kamu lakukan terlebih dahulu.

Menentukan target pasar
Ini menjadi salah satu tahap yang sangat penting mengingat target pasar dapat menentukan langkah teknis selanjutnya. Ingat, setiap target pasar memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dibutuhkan pendekatan yang berbeda-beda pula. Apalagi jika Kamu memiliki berbagai jenis produk ataupun jasa yang menyasar kalangan yang berbeda-beda. Penentuan target pasar juga dapat mempengaruhi produk apa yang akan dipromosikan serta price positioning dari produk tersebut.

Menentukan misi yang akan dicapai dengan promosi yang dijalankan
Ada beberapa tujuan promosi yang bisa Kamu capai, misalnya seperti meningkatkan awareness di kalangan masyarakat, meningkatkan citra positif terhadap bisnis Kamu, hingga meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang Kamu tawarkan.

Merancang campaign atau kampanye yang akan Kamu jalankan
Agar membuat promosi yang Kamu buat lebih terarah, akan lebih baik jika Kamu mempunyai sebuah campaign atau kampanye yang menyuarakan suatu pesan tertentu. Selain membuat promosi Kamu menjadi semakin terarah dan sistematis, hal ini juga penting untuk meninggalkan kesan yang mendalam berkaitan dengan produk maupun jasa yang Kamu tawarkan.

Memilih media promosi yang tepat
Tidak hanya target pasar, setiap platform atau media promosi juga memiliki karakternya masing-masing. Baik itu dalam hal bagaimana setiap media dapat mengemas pesan yang akan disampaikan maupun karakteristik audiens di setiap media yang digunakan. Jadi, sebelum memulai promosi, pastikan Kamu tidak salah dalam memilih media promosi ya.

Setelah mengetahui apa-apa saja yang harus dipersiapkan, sekarang saatnya Kamu mengetahui beberapa jenis promosi yang bisa Kamu adaptasikan dalam promosi bisnis Kamu. Kira-kira mana yang cocok untuk bisnis Kamu? Simak ulasannya ya.Memberikan potongan harga

1. Memberikan potongan harga
2. Memberikan gratis ongkir
3. Memberikan cashback
4. Mengadakan flash sale
5. Beli 2 Gratis 1 atau beli Kopi Gratis Cangkir dll
6. Memberikan rewards berupa gift untuk pelanggan
7. Poin rewards yang dapat ditukar dengan hadiah atau potongan harga
8. Bagi-bagi kupon promo atau vouchers
9. Pemberian garansi juga bisa jadi salah satu bentuk promosi efektif
10. Memberikan promo tematik di hari-hari khusus
11. Punya produk baru? Jangan ragu untuk memberikan sample gratis


Keberhasilan sebuah promosi tergantung pada tujuan apa yang ingin Kamu capai.
Efektivitas dari sebuah promosi dinilai berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuan Kamu adalah awareness, maka Kamu lebih baik mengukur keterjangkauan bisnis Kamu seperti berapa banyak orang yang mendapatkan informasi, dari daerah mana saja, berapa rentang usianya, dan lain sebagainya.

Berbeda jika Kamu bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk, strategi promosi yang Kamu lakukan tidak bisa hanya mengandalkan strategi komunikasi saja tetapi juga strategi pemasaran baik secara online maupun offline. Dari sana Kamu bisa mengukur berapa banyak target penjualan yang tercapai bahkan bisa juga menghitung efektivitas dan efisiensi pemasaran secara offline maupun online.

Jika Kamu memilih media promosi di ranah online, berikut ini ulasan yang dapat Kamu jadikan pertimbangan saat akan memilih sebuah media promosi untuk bisnis Kamu karena setiap media memiliki karakteristiknya masing-masing.

Blog
Blog merupakan kanal utama yang menjadi rujukan para konsumen maupun potential buyer untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang Kamu tawarkan. Selain itu, lewat blog Kamu juga dapat menunjukan eksistensi bisnis Kamu di hadapan khalayak secara jelas dan lengkap. Terlebih lagi jika Kamu sudah menerapkan prinsip-prinsip search engine optimization dari Google pada blog Kamu. Pastinya visibilitas bisnis Kamu akan semakin tinggi.

Media sosial
Media sosial dapat membantu Kamu membangun citra positif secara lebih dekat dengan khalayak. Sebab, saat ini kita sudah memasuki era user generated content di mana para pengguna akan membuat konten review produk, contohnya seperti yang terus dilakukan oleh para influencer. Apalagi kini semua platform media sosial telah menyediakan fitur Targeted Ads yang bisa membantu Kamu mempromosikan produk Kamu langsung ke target market Kamu. Selain itu, lewat media sosial Kamu juga dapat membangun komunikasi dua arah dengan para konsumen secara lebih efektif.

Youtube
Jika Kamu ingin membuat sebuah media promosi yang lebih efektif dan menarik, YouTube bisa jadi platform yang dapat Kamu manfaatkan. Dengan Youtube Kamu dapat mengunggah video terkait bisnis, produk yang Kamu tawarkan, sekaligus mengarahkan para penonton ke blog untuk mempelajari lebih lanjut atau ke toko online Kamu untuk berbelanja. Namun, perlu dicatat, membuat konten YouTube membutuhkan upaya yang lebih besar, sehingga Kamu harus memiliki cukup waktu, skill, dan dana untuk melakukannya.

Email
Melalui email subscription, Kamu dapat menggaet lebih banyak orang untuk mencari tahu produk Kamu. Email sampai saat ini masih dianggap sebagai media promosi paling efektif dalam menyebarluaskan informasi tentang produk. Bahkan sebuah studi mengatakan efektivitasnya mencapai 40x lipat jika dibandingkan dengan media sosial. Namun, kembali lagi ke hal yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini tentu juga dipengaruhi oleh target pasar yang dimiliki oleh suatu brand. Jadi, pastikan untuk tidak gegabah dalam memilih platform promosi.

Setelah melakukan strategi promosi secara optimal, saatnya Kamu menanti berbagai macam tawaran kerjasama hingga membludaknya angka pembeli. Agar tidak kewalahan dalam memenuhi pesanan para konsumen, Kamu harus mempersenjatai usaha Kamu dengan software keuangan dan akuntansi BoA Online supaya Kamu bisa mencetak dan mengirim faktur penjualan, mengontrol kartu stock barang, mengetahui piutang pelanggan dan hutang supplier, mengetahui pelanggan mana saja yang belum membayar tagihannya, menganalisa pada bulan apa saja penjualan dan biaya-biaya mengalami kenaikan ataupun penurunan dan masih banyak lagi analisa dan laporan yang pastinya bisa mendukung perkembangan bisnis Kamu sampai Kamu bisa melihat laporan keuangan (neraca, laba rugi, arus kas, buku besar dan jurnal) secara realtime, kapanpun dan dimanapun.
Gimana? Keren kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *