fbpx

Cara Efektif Bekerja Dirumah

Dampak dari pademi virus corona, sebagian besar perkantoran kini menganjurkan karyawannya bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah menurunkan kurva pandemi COVID-19. Ini juga dilakukan demi mencegah mereka terjangkit virus saat melakukan rutinitas dalam bekerja.

Agar efektif dalam menyelesaikan pekerjaan, di bawah ini ada beberapa tips bermanfaat yang bisa Anda lakukan.

  1. Cari area yang cocok untuk bekerja di rumah
    Pilihlah kursi dan meja yang nyaman serta pastikan Anda duduk dalam posisi yang tepat untuk menghindari nyeri otot. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan area bekerja. Menjaga meja agar tidak berantakan akan membuat Anda bisa berkonsentrasi pada pekerjaan.
  2. Memulai hari dengan banyak berdoa
    Jadikan waktu yang digunakan untuk bekerja sebagai bentuk ibadah dengan mengucapkan niat yang tepat untuk bekerja demi Allah (SWT) semata.
    ”Dia (Musa) berkata, “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” – Qs. Taha, 20:25-28
  3. Membagi waktu
    Anda bisa memulai bekerja sepagi mungkin dan beristirahatlah di waktu siang hari. Akhiri pekerjaan di sore hari. Ini akan memastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup sekaligus juga tujuan untuk bekerja, sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma atau pekerjaan yang belum terselesaikan. 
  4. Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan 
    Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan (to-do-list) untuk seluruh aspek kehidupan Anda: Pekerjaan, Rumah Tangga, dan Pribadi. Kategorikan semuanya sesuai tingkat kebutuhan mendesak atau deadline untuk memastikan waktu penyelesaian. Ini akan membantu Anda agar tetap menyadari tugas apa yang harus diselesaikan segera dan mencegah terjadinya penumpukan pekerjaan di detik-detik terakhir. Selain itu juga rasanya sangat menyenangkan saat dapat mencoret tugas dari daftar yang dibuat.
  5. Singkirkan segala sesuatu yang bisa mendistraksi jadwal yang telah disusun
    Buatlah batasan tegas terkait pekerjaan dan usahakan agar orang-orang di sekitar Anda menghormati hal tersebut. Ini termasuk juga membuat batasan kepada semua orang di rumah agar tidak mengajak Anda mengobrol atau mengganggu pekerjaan. Jelaskan kepada mereka tentang jadwal pekerjaan dan luangkan waktu bersama mereka saat beristirahat, jadi ketika kembali bekerja, Anda juga akan kembali fokus.
  6. Beristirahat dan tetap berenergi 
    Dengan adanya kesempatan bekerja di rumah, berarti ini juga waktu yang tepat untuk bisa shalat tepat waktu bagi yang muslim. Beristirahatlah sejenak dan lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap berenergi dan produktif sepanjang hari.
  7. Pastikan tubuh tetap terhidrasi 
    Jangan lupa meningkatkan asupan air untuk tubuh selama Ramadan adalah hal sangat penting. Perbanyak minum disaat makan sahur dan disaat berbuka puasa.

Semoga Allah melancarkan semua urusan kita dalam kondisi sulit ini dan semoga Allah cepat mengangkat wabah virus corona ini supaya aktivitas kita bisa segera kembali normal. Amin Ya Rabbal Alamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *