Contoh Pembukuan Usaha Batching Plant

  • admin 

Pencatatan transaksi yang rapih dan konsisten serta tersedianya laporan keuangan dan dokumen-dokumen pendukung adalah salah satu ciri perusahaan yang telah menjalankan tertib administrasi tidak terkecuali pada usaha batching plant atau ready mix.

Kinerja ready mix harus disesuaikan dengan kelas dan mutu beton yang dibuat. Sehingga dalam penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan ataupun konstruksi yang akan dibangun untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam aktivitas transaksi harian, usaha batching plant terdiri dari beberapa jenis transaksi :

  1. Pembelian bahan material seperti pasir, semen, batu split, abu batu, addictive dll
  2. Pembelian sparepart mesin dan kendaraan
  3. Penyusunan formula produksi yang terdiri dari pemakaian bahan baku dan variable biaya-biaya lainnya
  4. Pencatatan hasil produksi ready mix per jenis kualitas
  5. Penjualan readi mix dan penyewaan concrete pump
  6. Pengeluaran biaya-biaya operasional perusahaan
  7. Penyesuaian persediaan

Bisa Anda bayangkan, dari sekian banyak jenis transaksi dan dokumen transaksi yang harus dicatat dan direkap untuk menghasilkan laporan keuangan serta laporan manajemen disetiap bulannya pastinya akan memakan waktu dan besar kemungkinan terjadi salah pencatatan jika masih dilakukan secara manual tanpa alat bantu berupa software.

Tonton video berikut yang berisi contoh pembukuan usaha batching plant ready mix. Video membahas secara lengkap setiap transaksi harian sampai membentuk laporan keuangan (neraca, laba rugi, buku besar, cash flow, laba rugi per proyek pengerjaan) serta laporan pendukung lainnya.

Hidari segala stres yang timbul karena segala hal yang berhubungan dengan laporan keuangan Anda dengan mulai menggunakan alat bantu berupa software sekarang juga!

Mau coba gratis BoA Online ? Silahkan klik tombol COBA GRATIS dibawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.