Contoh Penerapan Strategi Discount Penjualan

  • admin 

Strategi promosi merupakan suatu langkah atau taktik yang ditempuh oleh seorang pebisnis dalam memasarkan produk usahanya. Dalam sistem pemasaran, seorang pebisnis perlu memikirkan berbagai cara untuk memasarkan produk ke khalayak umum. Salah satunya dengan menjalankan promosi discount penjualan.
Discount adalah potongan atau pengurangan harga yang diberikan penjual kepada pembeli dari harga normal suatu produk sebagai penghargaan, aktivitas atau syarat tertentu demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa.

Macam-macam Strategi Promosi Discount

Strategi discount biasanya dilakukan dengan alasan tertentu, seperti barang yang dijual sudah mendekati expired date, sudah out of date, mengurangi barang di gudang, mempromosikan barang baru, atau menarik pelanggan.

  1. Discount Persentase
  2. Discount Potongan Harga
  3. Discount Cash Back
  4. Discount by one get one
  5. Discount Layanan Ongkos Kirim
  6. Discount Pembelian Berikutnya
  7. Discount Grosir untuk setiap pembelian dalam partai besar
  8. Discount Per Golongan Pelanggan

Discount Per Golongan Pelanggan

Salah satu strategi promosi discount yang Anda dapat jalankan adalah pemberian discount kepada pelanggan sesuai dengan golongan pelanggan dan periode berlangsungnya program promosi ini.

Jika Anda ingin menjalankan promosi yang berbeda antara pelanggan umum dengan pelanggan reseller atau agen, berikut langkah-langkahnya :

  1. Susun golongan pelanggan Anda, pisahkan antara pelanggan umum dan pelanggan reseller
  2. Susun barang-barang apa saja yang akan Anda berikan discount atau potongan harga
  3. Tentukan nilai discount atau potongan harga serta periode masa promosi sesuai dengan golongan pelanggan. Misal; Periode Promisi 1-31 Maret 2022, khusus pelanggan umum akan diberikan potongan harga yang lebih murah untuk setiap minimum pembelian 5 pcs dan maksimum pembelian 10 pcs. Atau khusus pelanggan reseller akan diberikan discount 15% untuk setiap minimum pembelian 5 pcs dan maksimum pembelian 10 pcs dst

Dengan menjalankan strategi promosi seperti ini, insha allah bisa meningkatkan penjualan Anda. Tapi, Anda juga harus mempublikasikan informasi ini kepada khalayak umum, bisa melalui website yang Anda miliki atau media promosi berbayar maupun gratis di sosial media ternama seperti facebook, instagram, youtube dll.

BoA Online telah menyediakan fitur Penentuan Harga Jual Per Golongan Pelanggan. Untuk mengetahui bagaimana penerapannya, silahkan tonton video penjelasannya berikut :

Cara Penentuan Harga Jual Per Golongan Pelanggan

Mau Coba Gratis BoA Online, klik tombol dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.