fbpx

Pembukuan Usaha Toko Bangunan

Cara Pembukuan Usaha Toko Bangunan

Mau praktis? beralih ke pembukuan modern sekarang!

Setiap pagi yang dilihat pertama kali saat membuka toko tidak lain adalah tumpukan barang yang selalu berantakan walau sudah ditata rapih tiap harinya. Printilan tools dengan aneka ukuran, warna dan fungsi, makin membuat pusing pemilik karena jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan item.

Pun demikian di meja kasir, selalu terlihat tumpukan nota/bon yang baru rapih saat pemilik memerintahkan petugas kasir untuk merapihkannya. Sulit rasanya membedakan mana nota/bon penjualan hari kemarin dengan hari-hari sebelumnya. Kalau sudah begini, malas rasanya mencatat semua nota/bon kedalam buku penjualan.

Meja kerja pribadi yang juga selalu berantakan dengan faktur tagihan dari supplier dan catatan pengambilan barang pelanggan yang nantinya harus ditagihkan. Mau mulai dari mana mencatat dokumen-dokumen transaksi jika semuanya berantakan seperti ini. Bagaimana saya bisa mengetahui usaha saya untung kecil atau untung besar atau bahkan merugikan.

Itulah sekelumit kisah masa lalu terjadi di Plaza Bangunan Asoka yang terletak di Jl. Raya Bypass, Padang – Sumatera Barat

Sejak menerapkan sistem pembukuan modern, setiap kali terjadi penjualan, kasir langsung menginput transaksi ke dalam system yang dapat diprint-out sebagai nota penjualan. Apabila terjadi pembelian barang, staff pembelian langsung menginputnya untuk menjadi buku pembelian dan buku pembantu hutang supplier jika transaksi pembelian tersebut bersifat kredit.

Apa saja kelebihan menggunakan pembukuan dengan system modern ?

  1. Transaksi penjualan bisa langsung diprint-out sebagai nota penjualan dan otomatis memotong saldo barang di Laporan Kartu Stok Persediaan
  2. Transaksi penjualan kredit otomatis membentuk buku pembantu piutang pelanggan lengkap dengan umur dan jatuh temponya.
  3. Setiap terjadi pembelian kredit langsung menambah saldo barang di Laporan Kartu Stok Persediaan dan otomatis membentuk buku pembantu hutang supplier lengkap juga dengan umur dan jatuh temponya.
  4. Input transaksi kas/bank keluar untuk pembayaran hutang supplier atau biaya-biaya operasional seperti biaya listrik, gaji, konsumsi, transport dll
  5. Input transaksi kas/bank masuk atas penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan

Dari sebagian kecil kelebihan diatas, pemilik dapat mengatur cashflow dengan baik karena mengetahui dengan jelas kapan saatnya harus menagih ke pelanggan dan kapan saatnya harus membayar hutang supplier. Dan masih banyak lagi kelebihan lain yang dapat bermanfaat demi kemajuan usaha Anda.

Lalu bagaimana dengan Laporan Keuangan (Neraca dan Laba Rugi) Usaha Kami ?

Semua sudah terbentuk secara otomatis tiap kali transaksi diinput kedalam system yang membuat analisa usaha Anda menjadi mudah dimengerti, cepat disajikan dan akuntable.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang BoA Accounting System ?

Silahkan lihat Fasilitas dan Harga BoA Accounting atau klik untuk Coba Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *