fbpx

Tugas Seorang Business Owner

Apa tugas utama seorang BUSINESS OWNER ?

Salah satu tugas utama seorang Business Owner adalah MENGAMBIL KEPUTUSAN.

Jika keputusannya bagus, hasilnya akan jadi mulus. Jika keputusannya salah, hasilnya akan jadi masalah.

Sebagai Business Owner dituntut memahami seni mengambil keputusan. Baik itu keputusan bisnis maupun keputusan financial.

Alur sederhananya seperti ini:
Owner > Keputusan > Aktivitas > Hasil > Owner

Coba perhatikan alur sederhana diatas. Jika keputusannya salah, aktivitasnya akan salah. Jika aktivitasnya salah, hasilnya nggak akan memuaskan. Jika hasilnya nggak memuaskan, yang pusing Ownernya. Ujung-ujungnya balik lagi ke Owner juga kan.

Sayangnya, masih banyak melihat para pengusaha sekarang yang fokusnya bukan pada bisnisnya, melainkan pada teknisnya.
Misalkan: bikin postingan sosmed, buat sales letter / copywriting (email, broadcast, iklan), packing-packing, kirim-kirim barang, fokus di dapur produksi, jaga toko, order barang, ngecek gudang, ngitung uang, terima pesanan, dan lain-lain.
Hasilnya?
Bisnis berjalan di tempat karena hanya sibuk dengan hal-hal kecil, tanpa tahu BIG PICTURE-nya.

Sama halnya dengan permasalahan pembukuan usaha.

Banyak para pengusaha yang mengerjakan sendiri aktivitas pencatatan transaksi hariannya. Jika sudah begini, siapa yang nanti akan mengoreksi laporan, menganalisa laporan, apalagi membuat business plan berdasarkan laporan keuangan ?
Padahal, laporan keuangan yang baik adalah yang bisa dijadikan salah satu faktor menyusun business plan selanjutnya.
Mana barang fast moving/paling laku, kapan harus membayar tagihan supplier, pelanggan mana saja yang tagihannya sudah jatuh tempo, berapa kerugian yang diderita, berapa dana yang harus diinvestasikan, berapa besaran pajak yang harus disetor ke negara dan masih banyak lagi permasalahan tentang pembukuan usaha.

Walaupun demikian, kondisi seperti ini memang harus dimaklumi. Kenapa? Karena bisa jadi mereka masih berada dalam tahap Self Employed (menjadi Bos sekaligus Karyawan di perusahaannya sendiri). Masih jadi Superman, belum bisa jadi (minimal) Batman yang pada akhirnya membutuhkan seorang Alfred dan Robin sebagai partner.

Coba deh pelajari seni mengambil keputusan. Caranya? Perbanyak wawasan dan pengetahuan dengan cara banyak sharing dengan pengusaha yang sudah berpengalaman atau baca buku orang-orang sukses di bidangnya.

Yang perlu diingat…!
Business Owner a.k.a Pengusaha itu Fokus ke BISNIS, Bukan ke TEKNIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *