fbpx

Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan Akuntansi

Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan Akuntansi

Peran akuntansi dalam bisnis yaitu memberikan informasi yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis seperti Anda dalam menjalankan usahanya. Selain itu akuntansi juga memberikan informasi kepada pihak lain yang berkepentingan dalam hal penilaian kinerja serta kondisi ekonomi pada suatu perusahaan. (Baca: Pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi)

Secara umum, akuntansi memiliki fungsi seperti:

  1. Untuk mengetahui informasi penting untuk manajemen
  2. Menghitung laba-rugi yang dicapai perusahaan dalam periode tertentu
  3. Membantu dalam melakukan penetapan hak pada tiap–tiap pihak yang berkepentigan dalam perusahaan baik itu internal maupun eksternal
  4. Melakukan pengendalian atau pengawasan terkait aktivitas perusahaan
  5. Untuk menunjukan hal apa saja yang telah dilakukan pada suatu perusahaan guna mencapai target yang telah di tetapkan.

Fungsi akuntansi di dalam bisnis juga memiliki tujuan dalam penyediaan informasi yang andal sebagai dasar dalam pengambilan suatu keputusan sehingga dengan demikian fungsi akuntansi dalam bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi terkait keuangan bisnis
  2. Sebagai pengalokasian sumber daya langka sehingga pengguna informasi mampu memutuskan kemana modal harus di salurkan
  3. Pelaporan pertanggung jawaban kinerja manajemen kepada pemiliknya
  4. Mengetahui perkembangan perusahaan secara cepat dan tepat

Laporan keuangan yang didapatkan dari informasi akuntansi akan disusun supaya mampu menyediakan informasi yang relevan berkaitan dengan posisi keuangan serta seluruh transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan selama satu periode pelaporan.

Di jaman sekarang, penyusunan laporan keuangan bisa dilakukan secara cepat dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang telah menyediakan modul-modul ter-integrasi diantaranya pembelian, penjualan, hutang-piutang, kartu stock persedian dan lainnya.

Untuk membuat laporan keuangan ataupun pencatatan akuntansi tidaklah harus dilakukan secara tradisional lagi dan oleh orang-orang yang ahli di dalam bidang akuntansi.

Apabila Anda adalah seorang pemilik bisnis yang tidak memiliki pengetahuan tentang akuntansi, jangan kawatir. BoA Accounting Software akan membantu Anda melakukan pencatatan keuangan bisnis usaha Anda.

Dengan tampilan yang mudah dipahami, pencarian data dan rekam transaksi diproses secara cepat dan tepat, laporan keuangan usaha Anda bisa selesai tepat pada waktunya!

BoA Accounting tersedia dalam 2 pilihan versi; desktop (offline) dan online.
Ingin mencoba BoA Accounting versi online ? Silahkan klik tombol dibawah ini

Coba Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *