Ragam Pengukuran Stock Opname

  • admin 

Ragam Pengukuran Stock Opname, Apa Saja ?

Diawal tahun tahun gini, orang Supply Chain atau orang warehouse di perusahaan kamu pasti lagi sibuk “ngedate” bareng sama orang Finance & Accounting ya? Lagi apa sih? Yang pasti bukan lagi liburan, tapi lagi melakukan ritual akhir tahun, yaitu: STOCK OPNAME.

Stock opname biasanya dilakukan untuk mengukur akurasi kuantiti antara pencatatan di system dan kuantiti yang tersedia secara fisik di warehouse. Metode ini sebenarnya hanya salah satu jenis pengukuran stock accuracy saja. Memangnya stock opname ada berapa jenis ? Dilanjut dibaca artikelnya ya.

Hampir semua orang paham dong, inventory adalah bagian terpenting dari Warehousing. Bila tidak akurat, bisa mempengaruhi Produktivitas, Kualitas barang, bisa menyebabkan Losses, bahkan berpengaruh ke tingkat Kepuasan Pelanggan. Jadi tidak heran jika mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan stock opname akan menemukan kesulitan disaat mereka akan melakukan stock opname. Mereka juga pastinya akan mengalami kerugian besar karena mereka sama sekali tidak akan pernah mengetahui kondisi fisik barang. Apakah stock barang masih mencukupi, barang hilang ataupun barang rusak yang menumpuk di warehouse tanpa ada pengendalian.

Saking pentingnya, stock accuracy ngga cuma untuk mencocokann kuantiti saja, ada beberapa ragam pengukuran yang semuanya ada tujuannya masing-masing. Mari kita bahas satu per satu.

ACCURACY BIN / LOCATION

Pasti pernah kesel dong nyari-nyari barang di rumah gak ketemu? Nah, di warehouse pun demikian. Akan sangat menyita waktu bila lokasi antara system dan fisik tidak sesuai. Apalagi kalau sampai tidak ketemu, ujung-ujung nya bisa loss Sales.

ACCURACY BATCH

Pernah dengar FIFO, LIFO atau Average? Nah, ngga mungkin kan pas picking di-check satu-satu. Makanya dikelompokkan dalam batch. Pickingnya per batch. Kalau batch-nya beda antara fisik sama system? Komplen deh pasti customernya 😔

ACCURACY QUANTITY

Ini pengukuran paling simple past tense continuous tense. Hitung saja Total Kuantiti fisik vs Total Kuantiti system.
Karena IN TOTAL SKU ini jarang dipakai, hanya sebagai indikator awal seberapa jauh perbedaan semua barang di warehouse.

ACCURACY SKU

Accuracy SKU membandingkan kuantiti fisik vs kuantiti system per SKU berdasarkan lokasi dan batchnya. Nah, ini yang paling penting buat diukur. Stock opname akhir tahun, yang melibatkan Finance, mengukur yang ini (akurasi kuantiti per SKU). Karena ada konsekuensi Finance-nya. Perlu di rekonsiliasi dan bila ada perbedaan, harus membuat adjustment, yang akan mempengaruhi nilai inventory kita di pembukuan.

Nah, buat kalian yang sudah selesai ‘ngedate‘ sama Finance & Accounting melakukan stock opname, semoga hasil rekon kamu rapi ya, biar gak disuruh hitung ulang lagi.

Sementara buat kalian yang lagi siap grak (baru mau akan) stock opname. Goodluck & Semangat ya! ✊💪

Baca juga : Tujuan Melakukan Stock Opname

BoA Online adalah software akuntansi & keuangan yang menyediakan fitur stock opname, input hasil stock opname – simpan transaksi – cetak laporan stock opname – lihat laporan kartu stock akhir – otomatis membentuk jurnal penyesuaian persediaan.

Tertarik ingin mencoba BoA Online ? Klik tombol dibawah ini SEKARANG!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *